PWNU Desak Aparat Usut Tuntas Kasus Puisi Sukmawati

Portaltiga.com – Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur (Jatim) mendorong aparat berwenang untuk mengusut tuntas kebenaran pembacaan puisi oleh Sukmawati yang dikhawatirkan bisa menimbulkan keresahan di masyarakat.

Puisi tersebut dibacakan Sukmawati saat menghadiri acara 29 Tahun Anne Avantie Berkarya di Indonesia Fashion Week 2018 tersebut.

“Aparat harus turun tangan, agar masalah ini tidak menimbulkan keresahan berkepanjangan di tengah masyarakat sehingga semuanya cepat selesai,” kata Ketua PWNU Jatim KH M Hasan Mutawakkil Alallah kepada wartawan di kantor PWNU di Surabaya, Selasa (3/4/2018).

Tak itu saja, PWNU melalui Gerakan Pemuda Ansor Jatim juga akan melaporkan ke Polda Jatim karena menilai kasus ini harus diproses secara hukum sebab sangat melukai umat Islam. “Puisi itu sangat bertentangan dengan sikap dan perilaku Bung Karno yang sangat menghormati agamanya,” katanya.

Pengasuh Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo itu,  mengimbau ke masyarakat, khususnya umat Islam, tetap tenang menanggapi puisi Sukmawati Soekarnoputri yang berjudul  “Ibu Indonesia” itu.

“Seluruh komponen masyarakat untuk tetap menjaga ketertiban, ketenangan dan keteduhan di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Pihaknya mengaku merespons berbagai informasi dan masukan perihal situasi sosial dan politik menyusul beredarnya video pendek tentang pembacaan puisi oleh Sukmawati.

“Substansi puisi tersebut berpotensi mengancam kebersamaan warga dan bangsa Indonesia yang lama terbangun dalam kerukunan, kedamaian serta ketenangan,” tandasnya. (bmw/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION