Puskesmas Waru Gelar Kegiatan PISPK Kepada Warga Deltasari

Portaltiga.com – petugas kesehatan Puskesmas Waru mengadakan Pendataan keluarga sehat dengan pendekatan keluarga (PISPK) kepada warga Deltasari Indah, Waru, Sidoarjo, Kamis (30/8/2018). Salah satu wilayah yang menjadi survey adalah warga perumahan yang berdomisili di RW.09. survey ini dilakukan sebagai cara Puskesmas Waru untuk memberikan akses pelayanan kesehatan dalam wilayah kerjanya dengan mendatangi tiap keluarga.

Dalam menyelenggarakan survey dan pelayanan kesehatan, Puskesmas Waru bekerjasama dengan beberapa kader Posyandu yang ada di wilayah kerja mereka. Niamah selaku salah satu kader Posyandu RW.09 Deltasari Indah yang melakukan pendampingan mengatakan selama proses survey semua warga sangat kooperatif dan terbuka kepada petugas.

“Alhamdulillah, dalam Pendataan keluarga sehat berjalan lancar, warga sangat kooperatif dalam memberikan informasi terkait 12 indikator keluarga sehat,” terangnya, ditemui portaltiga.com seusai kegiatan, Kamis (30/8/2018).

Niamah menambahkan, 12 indikator yang menjadi acuan keluarga sehat meliputi keikut sertaan keluarga terhadap program KB, persalinan yang dilakukan dengan di fasilitas kesehatan yang ada, imunisasi dasar lengkap dan tercukupinya ASI tehadap bayi, pemantauan terhadap pertumbuhan balita, pelayanan kesehatan serta pengobatan terhadap beberapa penderita penyakit (Tuberkolosis, Hipertensi, dan Penderita Gangguan Jiwa), Anggota keluarga sehat bebas asap rokok, keluarga mendapat Jaminan kesehatan (JKN), keluarga memiliki akses sarana air bersih serta standarisasi jamban sehat. (doy/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION