Puluhan Organisasi Relawan Siap Menangkan Gus Ipul-Puti

Portaltiga.com – Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 2, Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno mendapat dukungan puluhan relawan. Memiliki visi yang sama dengan Gus Ipul-Puti, mereka pun siap memenangkan pasangan yang diusung PKB, PDIP, PKS dan Gerindra.

“Para relawan ini terbentuk secara mandiri dan memiliki visi yang sama dengan Gus Ipul-Puti. Dukungan yang diberikan atas kesadarab sendiri,” kata Saiful Anam, perwakilan relawan dari SAPA Jatim, Sabtu (24/2/2018).

Dari catatan yang ada, saat ini sudah lebih dari 60 relawan sudah tergabung dan siap memenangkan Gus Ipul-Mbak Puti. Masing-masing relawan memiliki jaringan hingga ke kabupatenkota bahkan ada juga yang sampai ke kecamatan dan desa.

Aktivitas relawan juga berbeda-beda. Ada yang relawan fokus di bidang pertanian sehingga anggotanya adalah petani; ada juga yang fokus di perikanan dan kelautan; pemberdayaan masyarakat; bahkan ada juga relawan dari pecinta alam yang terdiri dari para pendaki gunung.

Tak sedikit juga relawan yang sudah terbentuk sejak pemilihan gubernur yang lalu. Relawan Perjuangan Anak Bangsa (PAB) misalnya, sudah terbentuk dan sebelumnya mendukung Karsa (Soekarwo-Gus Ipul).

PAB bahkan hingga saat ini masih memiliki posko pemenangan di seluruh kabupaten/kota. “Selama ini kita sudah bergerak mensosialisasikan Gus Ipul-Puti. Kita lihat visinya Gus Ipul, secara mandiri lantas kita bergerak ke bawah,” kata Suhadak, koordinator PAB.

Anggaran untuk mensosialisasikan Gus Ipul-Puti mereka cari secara mandiri. Ada yang patungan namun ada juga yang membuat aneka souvenir dijual dan digunakan pembiayaan sosialisasi.

Para relawan ini mendukung Gus Ipul dengan berbagai alasan. Ada yang melihat keberhasilan Gus Ipul selama menjabat Wakil Gubernur; ada juga yang mendukung karena melihat Gus Ipul dicalonkan para Kiai Sepuh.

“Rata-rata kami melihat Gus Ipul karena beliau satu-satunya calon yang berpengalaman. Kami tidak rela kalau Jatim dipimpin orang kurang berpengalaman apalagi hanya mengandalkan ambisi,” ujarnya.

Sementara itu, untuk menjalin keakraban antar relawan, mereka juga sempat berkumpul di posko pemenangan “Rumah Gus Ipul-Mbak Puti” di Gayungsari Surabaya, Minggu 18 Februari 2018.

Gus Ipul menyambut gembira terbentuknya relawan seperti ini. “Relawan seperti ini yang meringankan langkah kami. Mungkin kita tidak pernah ketemu, namun kita satu visi untuk menjadikan Jawa Timur makmur kabeh Sedulur,” ujarnya.

Gus Ipul berpesan pada para relawan untuk menjaga kedamaian saat menjalankan kampanye kali ini. Damai, berarti Demokratis dengan Memperkuat kerukunan, menebar kebaikan dan memakmurkan masyarakat. “Kita ajak semua komponen untuk mengembangkan demokrasi seperti itu,” ucapnya.

Selain itu, Damai berarti juga Aman dimana segitiga besi pembangunan diantarnya adalah keamanan. “Damai itu masyarakatnya bahagia pendukungnya bahagia. Jangan sampai pilgub ini caci maki, penuh fitnah dan menebar berita palsu,” pesan Gus Ipul pada para relawannya.

Pemilihan Gubernur juga harus menjadikan pemimpin yang mampu berkontribusi pada pembangunan nasional. “Selama ini kontribusi pembangunan Jatim sangat besar bagi perekonomian nasional, ini yang harus kita jaga dan lanjutkan,” kata Gus Ipul.

Tim relawan yang telah tergabung ini, nantinya akan bergerak saling mengisi dengan kekuatan empat partai politik pendukung Gus Ipul-Puti yakni PDI Perjuangan, PKB, PKS dan Partai Gerindra.(bmw/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION