Presiden Jokowi Serahkan 3200 Sertifikat Tanah di Gresik

Portaltiga.com – Presiden Joko Widodo menyerahkan sebanyak 3.200 sertifikat tanah untuk masyarakat daerah Kabupaten Gresik, Kamis (20/6/2019).

Prosesi penyerahan sertifikat tanah secara simbolis itu dilakukan di Gelanggang Olahraga Tridharma Petrokimia Gresik.

Pukul 11.50 WIB, rombongan RI1 meninggalkan Pondok Pesantren Miftachus Sunnah, Jalan Kedung Tarukan, Surabaya, sesudah menghadiri acara akad nikah putri dari KH.Miftachul Akhyar Abdul Ghoni, Rais Aam PBNU.

Sebelum bergerak menuju Kabupaten Gresik, Presiden dan Ibu Negara tadi sempat singgah sebentar di Hotel Grand Dafam Surabaya. Lalu, pukul 12.35 WIB, rombongan Presiden berangkat menuju Kabupaten Gresik.

Berdasarkan pantauan, di pinggiran jalan dekat tempat acara, ratusan anak-anak sekolah dasar dan menengah berbaris rapi, memberi penghormatan kepada Presiden dan Ibu Negara dengan mengibarkan bendera merah putih ukuran mini.

Setibanya di Gelanggang Olahraga Tridharma Petrokimia Gresik, pukul 13.15 WIB, Jokowi Presiden disambut meriah oleh ribuan Warga Gresik dan sekitarnya.

Usai menyerahkan sertifikat secara simbolis kepada 12 orang perwakilan warga masyarakat Kabupaten Gresik, Presiden berpesan supaya surat tanah itu dijaga dengan baik.

Jokowi juga tidak melarang kalau sertifikat itu mau dijadikan agunan ke bank untuk modal usaha. Selain itu, Presiden juga mengingatkan cicilan ke bank juga perlu disesuaikan dengan kemampuan.

“Kalau sudah pegang sertifikat tanah, biasanya ada rencana untuk ‘menyekolahkan’ surat itu, iya kan? Tidak apa-apa, asalkan dihitung dulu bisa nyicil angsuran atau nggak? Kalau hitungannya tidak masuk, jangan dijadikan jaminan,” kata Presiden.

Sehubungan dengan sertifikasi tanah, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Gresik menargetkan 53.500 bidang tanah sudah bersertifikat pada tahun 2019.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam kunjungan kerja Jawa Timur hari ini, antara lain Pratikno Menteri Sekretaris Negara, dan Sofyan Djalil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN.

Kemudian, hadir juga di lokasi acara, Sambari Halim Radianto Bupati Gresik, serta Khofifah Indar Parawansa Gubernur Provinsi Jawa Timur.

Karena rangkaian acara kunjungan kerja sudah selesai, sekitar pukul 14.30 WIB, rombongan RI1 langsung menuju ke Bandara Internasional Juanda, untuk lepas landas ke Jakarta. (ssn/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION

Translate »