“Presiden Akal Sehat” Rocky Gerung Beri Kuliah Umum di Unitomo

Portaltiga.com – Akhirnya Rocky Gerung bisa dihadirkan ke Surabaya, sebelumnya gagal orasi gara-gara dicekal untuk keluar dari Jakarta. Sabtu(16/2/2019), Rocky Gerung memberikan kuliah umum “Akal Sehat Era Digital” di auditorium Ki Moh Saleh di gedung F lantai 5 Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Jl.Semolowaru 84 Surabaya.

Sebelumnya prokontra dihadirkan pada Unitomo karena ada kekhawatiran kehadiran Rocky Gerung akan ada boikot. Ini juga dirasakan Rektor Unitomo Bachrul Amiq yang mendatangkan Rocky Gerung ke kampusnya.

“Empat hari ini banyak prokontra atas kedatangan Rocky Gerung, kebetulan saya ada di Tanah Suci tapi saya pantau terus di media sosial apakah ada kegaduhan atau tidak. Akhirnya saya instruksikan lanjutkan acara jika ada masalah kita selesaikan ditempat itu. Ini momen langka harus diteruskan, ngaji fiksi bareng tokoh fenomenal sekelas Rocky Gerung,” jelas Bachrul Amiq.

Rocky Gerung datang dengan pakaian sederhana kemeja abu-abu dan celana kain hitam, ciri khas kacamatanya yang khas. Rocky yang terkenal dengan ujaran “kitab suci adalah fiksi” ini memulai kuliah umumnya dipandu moderator wakil rektor 4 Unitomo-Meithiana Indresari.

Rocky Gerung membuka perkataan bahwa Unitomo adalah fiksi. “Benar ini, saya tidak bisa ngibul jika di sini menggunakan akal sehat. Fiksi disini artinya pemikiran berisi,” canda Rocky Gerung disambut tawa para mahasiswa sebagian dari Unitomo ini.

Ia menyoal tema dalam kuliah umum yang digelar adalah akal sehat era digital. Menurut Rocky Gerung haruslah ditambahkan akal sehat dari era kolonial ke digital. Mengapa demikian karena manusia dalam perjalanan dari abad ke abad berinvestasi pada sebuah benda dan tergantung kepadanya. Memasuki era digital manusia begitu terobsesi kepada smartphone, separuh hidup diinvestasikan ada disana. Bisa saja besok masa depan ada manusia dengan separuh robot tapi tak sepenuh robot karena ada pemikiran akal sehat.

Rocky menganalogikan dengan sebuah event di Inggris waktu itu sidang mempertemukan sebuah robot. Para anggota parlemen Inggris bertanya kepada robot akan menggantikan manusia. Tapi robot itu malah merasa khawatir karena mereka yang akan digantikan, robot secara membaca analisa dan data begitu cepat dan akurat tapi untuk memakai akal kemanusiaan dan perasaan tak pernah bisa.

“Tak ada satupun di era digital ini menggantikan akal sehat sampai kapanpun, biarpun adanya teknologi informasi tapi yang hanya menggunakan logika matematis bukan logika pemikiran. Itulah kecemasan milineal terjadi, kekuatiran nasib manusia di masa depan akan digantikan teknologi,” seru Rocky Gerung jika dibahasakan Manado berarti penafsir mimpi.

Di akhir kuliahnya, Rocky Gerung yang ditasbihkan sebagai Presiden AS (Akal Sehat) berpesan bahwa logika akal sehat digunakan untuk mengkritisi sebuah pemikiran bukan menghakimi. Berposisi menjadi oposisi sangat berguna kaum milineal untuk melakukan perubahan. Salam akal sehat. (fey/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION