Polri-TNI Rapatkan Barisan Amankan Pemilu 2019

Portaltiga.com – Polri dan TNI menggelar Rapat koordinasi pengamanan pemilu 2019 guna menyamakan visi dan persepsi Polri dan TNI agar tetap netral mengawal Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg), Kamis (13/9/2018).

Acara yang digelar di Auditorium Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta Selatan ini menghasilkan kesepakatan untuk menjalankan Operasi Mantap Brata 2019.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, rakor kali ini menjadi penting mengingat Polri dan TNI sebagai sosok pengamanan yang netral dalam mengawal pemilu.

“Polri dan TNI merapatkan barisan sebagai dua komponen penting bangsa ini, apalagi Polri-TNI tidak memiliki hak pilih. Kita berharap bisa maksimal melakukan pengamanan sehingga pesta demokrasi menjadi pesta bagi kita, pesta bagi rakyat memilih wakil-wakilnya,” ujar Tito di Auditorium PTIK.

Rakor pengamanan Pemilu 2019 ini diikuti oleh Kapolda, Pangdam, dan kepala satuan wilayah di seluruh Indonesia. Rapat ini juga dilakukan untuk meningkatkan sinergitas Polri-TNI dalam mengamankan pesta demokrasi di seluruh wilayah Indonesia.

“Ada beberapa hal yang kita lakukan di antaranya netralitas, membuat rencana operasi bersama, melakukan sinergi setiap kewilayahan polda-kodam, membuat simulasi-simulasi, kemudian juga berusaha membuat pesta demokrasi menjadi aman, tertib dan nyaman, tidak terjadi konflik apalagi mengorbankan perpecahan,” kata Tito. (lnc/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION