PLN Jatim Salurkan Lisrik Berbahan Baku Sampah TPA Benowo ke 1000 Rumah

Portaltiga.com-Pengelolaan sampah menjadi energi listrik di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo yang dikelola sejak tahun 2015 lalu oleh Pemkot Surabaya bekerjasama dengan PT Sumber  Organik, saat ini mampu menghasilkan listrik sebesar 1 Mega Watt (MW) dan sudah mengaliri ke 1000 rumah penduduk di sekitar Benowo.

Deputy Manager Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur, Pinto Raharjo, mengatakan, energy listrik yang dihasilkan dari TPA Benowo mampu menerangi sekitar 1000 rumah penduduk di kawasan tersebut.  Hal ini dikarenakan, kawasan Benowo merupakan pusat TPA sampah terbesar di Kota Surabaya yang mampu menghasilkan tenaga listrik berbahan baku dari sampah yang mencapai 1400 ton per hari yang masuk ke lokasi tersebut.

“Listrik sampah yang berada di TPA Benowo hasil produknya kami yang membeli seharga Rp 1.250 per kwh. Selanjutnya kami menyalurkan listrik tersebut ke kawasan Benowo sendiri untuk pelanggan kami selama ini.”ujarnya, kepada wartawan di Teras Info PLN Distribusi Jatim, Selasa (26/04/16)

Ia menjelaskan, PLN Jatim sangat mendukung program Pemkot Surabaya dalam kebersihan kota. Walaupun hasil listrik berbahan baku sampah ini hasilnya tidak begitu besar. “Akan tetapi program ini banyak manfaatnya bagi warga sekitar Benowo.”ujarnya.

Kedepan, tambah Pinto, PLN Jatim optimis energy listrik dari bahan sampah ini akan menghasilkan tenaga listrik lebih besar dan mampu memproduksi tenaga listrik sebesar 8,3 MW. Harapan itu didukung dengan kapasitas TPA Benowo yang akan terus meningkat.

“Nantinya, wilayah itu akan mampu menghasilkan tenaga listrik mencapai 8,3 MW di tahun 2019 nantinya.  Dengan penambahan tersebut pastinya aliran listrik rumah penduduk di kawasan TPA Benowo akan bertambah menjadi pelanggan kami.”ungkapnya. (Trish)

 

JOIN THE DISCUSSION