PKaMI Umsida Dampingi UMKM Roti Sidoarjo

Portaltiga.com – Kabupaten Sidoarjo dikenal sebagai Kabupaten yang mempunyai UMKM yang banyak bila dibandingkan dengan Kabupaten lainnya di Jawa Timur.

Namun demikian pertumbuhan jumlah UMKM ini tidak sama dengan pertumbuhan kinerja dari UMKM tersebut lantaran lemahnya kemampuan UMKM untuk memasarkan produknya secara digital melalui internet.

Untuk itu Tim Program Kemitraan Masyarakat Institusi dari Fakultas Bisnis Hukum dan Ilmu Sosial Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mendampingi salah satu UMKM Roti Desa Simoketawang, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo.

Menurut salah satu anggota Tim PKaMI Fakultas Bisnis Hukum dan Ilmu Sosial Umsida Detak Prapanca, SE, MM mengatakan, ada beberapa masalah yang menjadi kelemahan UMKM Roti Desa Simoketawang.

“Masalah pencatatan Akuntansi masih secara tradisional, kemudian masalah branding melalui web dan media sosial,” ungkapnya, Kamis (19/08/2020).

Pendampingan yang dilakukan sejak Bulan Mei-20 juli 2020 menelurkan beberapa hal yang mampu mengangkat UMKM Roti tersebut.

“UKM dapat memaksimalkan web untuk branding, kemudian untuk media sosial atau bahkan chanel Youtube yang dapat dijadikan sebagai media marketing yang efektif,” katanya. (tea/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION

Translate »