Pilkada Tanpa Konflik, Pemerintah Singapura Menimba Ilmu ke DPRD Jatim

Portaltiga.com – Rombongan menteri eksekutif dan walikota dari Singapura datang ke DPRD Jatim, Selasa (13/3/2018). Kunjungan ini dalam rangka mencari informasi terkait cara Jawa Timur mengelola Pilkada, yang dinilai oleh pihak pemerintah Singapura, tanpa ada konflik.

“Mereka datang ke sini ingin mengetahui kiat-kiat Jatim bagaimana Pilkada bisa berjalan kondusif saat kampanye seperti sekarang ini. Tak ada konflik selama pelaksanaan Pilkada, maupun Pilgub Jatim,” ungkap Wakil Ketua DPRD Jatim Soenarjo saat ditemui di kantornya.

Politisi asal Partai Golkar ini mengatakan dalam pertemuan dengan pimpinan DPRD Jatim, para eksekutif Negara Singapura tersebut terkagum dan terheran-heran cara pihak pimpinan Parpol di Jatim mengelola sebuah Pilkada dengan baik tanpa ada konflik.

“Mereka menceritakan kalau Pilkada di sana ada saja konflik antar-pendukung. Namun, di Jatim kok tak ada konflik. Mereka ini ingin menimba ilmu di Jatim bagaimana mengemas pilkada tak menimbulkan konflik,” terangnya.

Ditambahkan oleh Soenarjo, dalam pertemuan tersebut juga disinggung masalah kerjasama dan investasi. ”Selama tahun 2016 hingga tahun ini menunjukkan surplus sehingga kerja sama perlu ditingkatkan,” sambungnya.

Tak hanya itu, kata Soenarjo, pihak pemerintah Singapura juga menjanjikan akan ada kunjungan pihak legislatif Singapura untuk datang ke Jatim. Ini dalam rangka peningkatan kerja sama antar-lembaga legislatif Singapura dan Jatim. (wan/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION