Pilgub Jatim 2018, Muhammadiyah Pilih Sikap Netral

Portaltiga.com – Tak memiliki calon gubernur, Muhammadiyah mengambil sikap netral dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) 2018. Muhammadiyah  menyerahkan sepenuhnya pilihan politik kepada umatnya.

“Siapapun calonnya, Muhammadiyah memutuskan untuk netral. Silakan warga Muhammadiyah untuk memilih calon pemimpinnya nanti,” kata Ketua Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, Hajriyanto Y Thohari  usai menjadi pembicara dalam Milad Muhammadiyah ke-108 H/105 M di gedung Pengurus Wilayah (PW) Muhammadiyah Jatim, Sabtu (11/11/2017).

Pihaknya berpesan agar masyarakat nanti bisa menggunakan hak pilihnya secara cerdas dan bijak. Artinya, memilih pemimpin harus yang benar-benar mampu membawa kesejahteraan bagi warga Jatim. “Mari gunakan hak pilih secara bertanggung jawab. Pilih pemimpin yang adil dan amanah,” kata mantan Wakil Ketua MPR ini.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf memberi apresiasi pada Muhammadiyah yang turut berperan aktif dalam memajukan Jatim. Selama ini, Muhammadiyah dinilai banyak membantu dalam berbagai hal. Diantaranya pendidikan dan kesehatan.

Diketahui, Muhammadiyah memiliki puluhan rumah sakit yang tersebar di seluruh Jatim. “Kami ingin Muhammadiyah lebih banyak lagi berperan dalam meningkatkan kesejahteraan warga Jatim. Kami di dalam pemerintahan merasa berbesar hati dan lebih ringan, karena partisipasi warga Muhammadiyah,” tandasnya.

Cagub Jatim yang diusung PKB-PDIP ini mengaku, banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan di Jatim. Antara lain, kesenjangan sosial, infrastruktur hingga kemiskinan dan pengangguran. Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) misalnya, ternyata bunga bank yang dibebankan pada mereka lebih tinggi dibanding korporasi. Jika kondisi seperti ini terus berlangsung, maka UMKM sulit berkembang.

“Menurut saya, masalah-masalah tersebut bisa tertangani ketika ada keterlibatan dan peran serta masyarakat,” ucap Gus Ipul, sapaan akrabnya. (bmw/abi)

About the author

Related

JOIN THE DISCUSSION