Headline News

Pertiwi Ayu: Dampak Urbanisasi, Mendesak Pembangunan Rusunawa Di Surabaya

20/02/2017
153 Views

Portaltiga.com-Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Surabaya berharap kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya agar segera membangun Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa), untuk mengantisipasi lonjakan urbanisasi yang terus meningkat di Surabaya.

Saat ditemui usai Paripurna pembahasan penataan pemukiman kumuh oleh Pemkot Surabaya, Ketua Fraksi Golkar DPRD Surabaya, Pertiwi Ayu Krishna, mengatakan, Pemkot Surabaya perlu membuat peraturan tentang penataan perumahan kumuh dan permukiman kumuh, karena banyaknya urbanisasi yang datang membuat aturan berupa perda.

“Hal ini disebabkan Pemkot Surabaya dikhawatirkan belum memiliki kesediaan pemukiman jika terjadi urbanisasi.”ujarnya kepada wartawan di gedung dewan, Senin (20/02/17).

Ia menjelaskan, pembangunan Rusunawa akibat bertambahnya penduduk melalui urbanisasi dan belum memiliki ketersediaan rumah pemukiman yang layak. Kita menginginkan program pembanguman rusunawa direalisasikan.

Lebih lanjut Pertiwi Ayu mengatakan, permasalahan pemukiman kumuh dan perumahan tidak layak harus mendapat perhatian serius. Pihaknya menilai untuk membangun rusunawa tidak harus menggunakan anggaran negara. “Anggaran CSR juga bisa digunakan untuk membangun rusunawa. Jangan hanya memikirkan taman saja,” katanya.

Sementara itu ditempat yang sama, anggota Komisi C DPRD Surabaya, Vincensius Awey mengatakan, kondisi saat ini anyak pengembang hanya membangun produk pemukiman yang tidak bisa dijangkau masyarakat menengah kebawah.

“Sehingga diperlukan pemukiman rakyat yang tidak kumuh dan bersih untuk rakyat. Karena perumahan yang dibangun pengembang banyak tidak bisa dijangkau masyarakat menengah kebawah,”ungkapnya. (Trish)

 

Leave A Comment