portaltiga.com
Umum

Persiapan Olimpiade 2020, Jepang Butuh Ribuan Tenaga Kerja Jatim

Portaltiga.com : Ribuan tenaga kerja di bidang pertukangan dari Jawa Timur akan dikirim ke Jepang dalam waktu dekat. Negeri Sakura itu membutuhkan banyak tenaga kerja pertukangan untuk membangun beberapa stadion sebagai persiapan Olimpiade 2020.

Tenaga pertukangan yang diperlukan di Jepang tidak hanya harus mahir. Para pertukangan yang dikirim nanti juga harus menguasai bahasa Jepang serta disiplin.

“Kami sudah bekerjasama dan kini mulai melakukan rekrutmen tenaga untuk dikirim ke Jepang,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertransduk) Jawa Timur, Sukardo ketika ditemui di sela acara Musrenbang di Grand City, Surabaya, Rabu (13/4).

Untuk kebutuhan tenaga kerja ini, Disnakertransduk Jatim sudah melakukan rekrutmen. Jumlah tenaga kerja yang sudah mendaftar mencapai 3800 orang. Namun, dari jumlah ini, yang memenuhi kualifikasi ternyata tak sampai 60 orang.

“Mereka yang mendaftarkan diri, setidaknya harus menjalani serangkaian tes dan pelatihan selama 40 hari. Pelatihannya mirip militer karena yang dikirim ke Jepang ini butuh tenaga yang prima,” jelasnya.

Pemerintah Jepang sendiri, membutuhkan sebanyak 3-4 ribu tenaga kerja dengan masa penugasan di Jepang selama tiga tahun. Selama tiga tahun bekerja di Jepang, para TKI ini akan mendapatkan gaji lebih dari Rp 10 juta.

“Pemerintah Jepang juga menanggung seluruh kebutuhan para tenaga kerja selama bekerja disana. Ini kesempatan baik bagi para tenaga kerja kita yang punya keahlian di pertukangan,” tandasnya. (Bmw)