Perkuat Persahabatan, Dua Kapal Perang Australia Sandar Di Benoa Bali

07/04/2016
271 Views

 

Denpasar: Dua kapal perang asing, yakni FNS Vendemiare milik Perancis dan HMAS Wollonggong ACPB 92 milik Australia saling berhadapan saat bersandar di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Kamis (7/4).

Kapal FNS Vendemiare yang berjenis Frigate Pengawas telah sandar di Dermaga Timur sejak Minggu (3/4). Sedangkan HMAS Wollonggong ACPB 92 tiba sehari setelahnya pada Senin (4/4). Kapal FNS Vendemiare memiliki panjang 94 meter dengan draft 4,4 meter, sedangkan Kapal Perang HMAS Wollonggong ACPB 92 memiliki panjang 56,8 meter dengan draft 2,7 meter. “

“Sandarnya kedua kapal perang tersebut merupakan misi persahabatan kedua negara sahabat ke Indonesia, serta untuk singgah dan beristirahat sejenak di Pulau Dewata,” jelas General Manager Pelindo III Benoa, Capt. Ali Sodikin, dari Bali.

Perwakilan delegasi dari FNS Vandemiare yaitu Commander Damien Lopez, Commander Sylvaint Louvet, dan Captain Thierry Thuilier serta didampingi perwakilan dari Pangkalan TNI-AL di Denpasar Lettu Fuad. Mereka sempat bertemu dengan Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra, di Gedung Graha Sewaka Dharma, Selasa (5/4) kemarin.

Sementara itu, HMAS Wollonggong ACPB 92 yang merupakan armada Royal Australian Navy (RAN) juga sandar ke Bali untuk mengikuti latihan bersama TNI-AL yang bertajuk Corpat Ausindo 2016. Saat sandar, kedatangan kapal berkelas Armidale Patrol Boat yang diperkuat dengan 30 kru itu dimeriahkan dengan tarian penyambutan tradisional, Tari Sekar Jagat. Selain itu diselenggarakan pertandingan olah raga persahabatan yang diikuti personel RAN, kru KRI Layang, dan juga anggota Lanal Bali.(Yudhie)

Leave A Comment