portaltiga.com
Politika

Peringatan Hari Peduli Sampah, Mahasiswa Ubaya Punguti Sampah

Portaltiga.com, Surabaya – Mahasiswa Universitas Surabaya yang tergabung dalam Warta Ubaya (WU) aksi punguti sampah dengan mulut tertutup di Taman Bungkul. Kegiatan ini sebagai bentuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional.

Mahasiswa Warta Ubaya ingin berkontribusi atas kepedulian terhadap lingkungan. Sebagai seorang jurnalis kampus yang tidak hanya menghimbau lewat tulisan saja, tapi lewat tindakan. Dengan mulut tertutup dan menggendong keranjang sampah di punggung, mahasiswa berjalan berkeliling Taman Bungkul mengambil sampah yang dibuang tidak pada tempatnya.

Tanpa ragu dan malu mereka akan mengumpulkan sampah dari berbagai jenis. Kemudian dibawa ke kampus untuk dipilah berdasarkan jenis dan diolah di rumah kompos Ubaya Tenggilis.

“Kami sebagai jurnalis kampus tentunya sudah cukup banyak menulis. Namun lewat peristiwa ini kami ingin lebih bersikap praktis. Kami tidak ingin menghimbau dari tulisan saja, namun melalui tindakan kami,” ungkap Samuel Dimas, Pimpinan Redaksi Warta Ubaya, Minggu (21/2/2016).

Peringatan Hari Peduli Sampah yang jatuh tepat pada tanggal 21 Februari ini mengingatkan kita sebagai warga negara Indonesia yang beberapa minggu lalu Indonesia dinobatkan sebagai negara kedua di dunia sebagai penghasil sampah.

Seperti diberitakan salag satu media nasional (19 Februari 2016), Indonesia berada di posisi nomor dua (peringkat dua) di dunia setelah Tiongkok yang “berprestasi” sebagai negara penghasil sampah plastik ke laut. Dari data terakhir pada 2015, Indonesia menghasilkan sampah plastik mencapai 187,2 ton.

Setidaknya itulah angka yang diungkapkan Dirjen Pengelolaan Sampah Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Tuti Hendrawati dalam dialog ‘Selamatkan Bumi dari Plastik’ belum lama ini.