portaltiga.com
Politika

Perempuan Butuh Pendidikan Politik dan Ekonomi

Portaltiga.com – Penguatan peran perempuan termasuk di masa pandemi Covid-19, menjadi perhatian Partai Gerindra Jawa Timur. Penguatan dan pemberdayaan itu nantinya akan terus dilakukan, baik sisi ekonomi maupun politik.

Hal itu menjadi diantara pembahasan dalam agenda Diskusi Kamisan yang digelar Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Jatim, Kamis (2/9/2021). Beberapa narasumber dihadirkan dalam diskusi virtual tersebut.

Salah seorang narasumber, Ketua PD Perempuan Indonesia Raya (PIRA) Jatim Yayuk Padmi Rahayu mengatakan, sebagai sayap partai yang bergerak di bidang pengembangan perempuan pihaknya berkewajiban untuk turut membesarkan partai.

“Sebagai sayap perempuan, PIRA berkewajiban untuk ikut membesarkan partai,” kata Yayuk dalam diskusi yang ditayangkan di akun resmi Gerindra Jatim.

Ke depan, Yayuk menyebut pihaknya sudah memiliki rencana kegiatan pemberdayaan perempuan. Diantaranya, memang terkait dengan penguatan sisi ekonomi seperti UMKM.

Kemudian, termasuk penguatan dari sisi politik. Nah, penguatan peran dari sisi politik, dikatakan Yayuk juga bakal dilakukan lewat pendidikan politik.

“Bagaimana mendapatkan pengetahuan berpolitik. Bagaimana dia berkomunikasi dengan masyarakat bisa memilih mereka,” ujar Yayuk yang juga Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Jatim.

Aktivis perempuan yang pernah duduk di DPRD Jatim itu menyebut, pihaknya terus berkomitmen untuk bergerak bersama Gerindra guna memenuhi 30 persen keterwakilan perempuan di legislatif semua tingkatan.

Baik tingkat provinsi, kabupaten/kota maupun DPR RI. Yayuk percaya, dengan pergerakan pihaknya, hal itu bakal menjadi kekuatan besar partai.

“PIRA yang merupakan sayap partai, bila dikembangkan hingga tingkat ranting atau desa, menjadi kekuatan luar biasa untuk Partai Gerindra,” terang Yayuk.

Di sisi lain, Yayuk menyebut, selama pandemi pihaknya juga rutin melakukan berbagai kegiatan untuk andil dalam upaya memungkasi pandemi. Diantaranya, baksos dan lain semacamnya.

Sementara itu, Wakil Sekretaris DPD Partai Gerindra Jatim Handari Yektiwi Alchosih mengatakan pendidikan politik pada perempuan memang penting untuk terus dilakukan. Hal itu penting, untuk terus meningkatkan peran perempuan di dunia politik. (abd/abi)

Related posts

Anggota Fraksi Gerindra Jatim Ini Peduli Difabel Terdampak Corona

admin

Target Menang Pilkada di Jatim IX, Gerindra Jatim Gelar Pelatihan Politik

admin

Gerindra Se-Jatim Gelar Tahilan 40 Hari Almarhum Soepriyatno

admin