Perda Buatan DPRD Salah Kaprah,Gubernur Jatim Akui Sulit Bikin Pergub

01/08/2016
389 Views

 

Surabaya: Banyaknya Perda yang dibuat DPRD Jatim yang berujung hanya macan kertas saja, ternyata hal ini dikarenakan belum ada Pergub untuk aturan pelaksananya saja.

Gubernur Jatim Soekarwo mengatakan tidak semua perda yang dibuat DPRD Jatim bisa dibuat Pergub. Penyebabnya perda yang dibuat bukan kewenangan Provinsi, melainkan sifatnya hanya bagian pedoman.

Soekarwo lalu mencontohkan Perda tentang pasar tradisional itu sifatnya menjadi bagian pedoman. Begitu juga dengan Perda tentang pertanian karena pertanian di provinsi itu hanya menjadi sektor pilihan. “Makanya kalau urusan pilihan dibikin Perda ya akibatnya Perda itu seperti himbauan saja,” ungkap Pakde Karwo sapaan akrab Soekarwo, Senin (1/8).

Mantan Sekdaprov Jatim ini mengatakan menyarankan supaya hal-hal yang menyangkut urusan pilihan, sebaiknya cukup diatur lewat Pergub saja. “Perda sektor pilihan itu tidak bisa mengatur, padahal namanya peraturan itu khan untuk mengatur. Kalau peraturan untuk menghimbau itu perhimbauan,” dalih pria kelahiran Madiun ini.

Kendati demikian, dia enggan menyalahkan kalau sebagian anggota DPRD Jatim mendesak Gubernur supaya segera membuatkan Pergub untuk Perda-Perda yang sudah disahkan oleh DPRD Jatim. “Saya hanya menjelaskan kenapa Pergub yang diminta Dewan tak kunjung dibuat,”tandas mantan Sekdaprov Jatim ini.(Yudhie)

Leave A Comment