Peraih Nobel Bidang Ekonomi Akan Berkunjung ke Jatim

 

Portaltiga.com : Kota Surabaya bakal kedatangan tamu istimewa. Peraih nobel di bidang ekonomi Robert F Engle, akan berkunjung ke Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Pebruari 2017..

Saat ini, Pemprov dan Unair sedang melakukan persiapan menyambut kedatangan Prof Engle tersebut. Persiapan penyambutan dilakukan karena acara yang diprakarsai oleh Unair tersebut akan bertaraf internasional.

“Akan ada kunjungan dari prof Engle, peraih nobel ke Unair. Kami menyiapkan kedatangannya pada Pebruari mendatang,” kata Gubernur Jatim Soekarwo usai melakukan pertemuan dengan rombongan dari Unair, Jumat (3/6).

Prof Robert Franklin Engle III, menerima penghargaan Nobel di bidang ekonomi pada tahun 2003 silam. Dia bersama temannya Clive Granger membuat metode analisis rangkaian waktu ekonomi dengan vilatilitas yang berfariasi dengan waktu.

Saat ini, prof Engle mengajar di Universitas New York Kalifornia di Fakultas Bisnis Stern. “Kesempatan ini akan dimanfaatkan Pemprov. Sebab, begawan ekonomi dunia itu datang bersama para ahli ekonomi Indonesia, seperti menteri perekonomian, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan ahli ekonomi lainnya,” ungkapnya.

Rektor Unair Muhammad Nasih menambahkan dalam kesempatan tersebut pihanya mengajak Pemprov Jatim untuk memperkenalkan potensi apa saja yang ada di jatim. Apalagi tema yang diambil dalam pertemuan tersebut adalah tentang stabilitas yang nanti berpengaruh pada investasi.

Selain itu, karena acara bertaraf internasional maka akan ada beberapa media internasional yang yang turut meliput. Karenanya, ini kesempatan bagi Unair dan pemprov untuk memperkenalkan Jatim lebih luas lagi.

“Karena ini gaung internasonal, mengapa tidak kita libatkkan Jatim, yang akan berpengaruh pula pada persepsi dunia kepada ekonomi nasional ataupun ekonomi Jatim,” ujarnya.

Harapan dengan terlibatnya provinsi Jatim dalam kesempatan tersebut adalah mengundang investasi. Karena prof Engle sebagai salah satu ahli ekonomi yang diiperhatikan di dunia. “Sayang sekali kalau tidak dimanfaatkan,” ucapnya. (Bmw)