Peparnas XV, Jatim Terjunkan 94 Atlet

11/10/2016
364 Views

 

Portaltiga.com:Jawa Timur (Jatim) mengirimkan 94 atlet dalam Pekan Olahraga Paralimpic Nasional (Peparnas) XV di Jawa Barat (Jabar), 15-24 Oktober 2016 mendatang. 94 atlet tersebut terdiri dari 81 atlet putra dan 13 atlet putri. Mereka didampingi 46 offisial.

Manajer kontingen Jatim, Roy soselisa mengatakan pihaknya bersyukur bisa memberangkatkan atlet ke Peparnas di Jabar. Sebanyak 94 alet yang berlaga di multieven penyandang difabel ini tanpa persiapan yang cukup, karena terbentur dengan anggaran.

Namun demikian, seluruh atlet memiliki semangat tinggi untuk memberikan yang terbaik bagi Jatim. “Inilah yang membanggakan dari atlet penyandang difabel,” ujarnya kepada wartawan di sela pelepasan kontingen Peparnas Jatim di Badan Kerjasama Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BK3S) Jatim, Selasa (11/10).

Pada Peparnas XIV 2015 di Riiau, Jatim berada di peringkat 8 dengan meraih 13 emas. Tahun ini di even yang sama, Jatim berusaha memperbaiki peringkat ke posisi lima besar. Namun, tak dijelaskan berapa medali yang dibidik untuk memenuhi target tersebut.

“Ini kali pertama Peparnas digelar setelah keluar dari KONI. Kami akan berusaha memberikan prestasi yang terbaik. Syukur-syukur bisa menduduli lima besar. Sampai sekarang, Jateng masih yang terbaik karena rehabilitas center (RC) penyandang difabel ada disana,” ungkapnya.

Untuk mengejar harapan itu, kontingen Jatim turun di 9 dari 13 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan. Masing-masing atletik, bola voli duduk, bulutangkis, catur, panahan, judo tuna netra, tenis meja, sepakbola Cerebral Palsy (CP) dan renang.

Empat cabor lain, yaitu Bowling, angkat berat, tenis lapangan kursi roda dan gateball. Jatim tidak mengikuti empat cabor itu, karena tidak memiliki atlet. “Melihat semangat yang ditunjukkan para atlet, kami optimis Jatim bisa menjadi juara umum,” tambah Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jatim, Supratomo.

Selain semangat atlet, rasa optimis Supratomo didasarkan pada hasil Pekan Pelajar Paralimpic Nasional (Peparpenas) 2015 di Bandung, dimana Jatim mampu tampil sebagai juara umum. “Jatim juga menurunkan atlet banyak. Ada 94 atlet yang memperkuat kontingen Jatim,” jelasnya. (Bmw)

Leave A Comment