Headline News

Pengamat SSC: Emil Incar Cagub, Bukan Cawagub

09/11/2017
38 Views

Portaltiga.com – Pengamat Surabaya Survey Center (SSC), Surokim Abdussalam menilai Bupati Trenggalek Emil Dardak tidak mengincar Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jatim. Emil justru ingin maju sebagai Calon Gubernur (Cagub) di Pilkada Jatim 2018.

“Melihat potensi yang dimiliki, Emil bisa jadi patut dan layak menjadi Cagub, bukan sedang mengincar cawagub,” ujarnya kepada portaltiga.com di Surabaya, Rabu (9/11/2017).

Ibarat pertandingan bola, menurutnya, Emil sekarang berada dalam posisi striker cadangan yang dibutuhkan untuk bikin gol. Emil justru sedang memainkan posisi untuk bisa menarik poros baru agar mencalonkan dia sebagai gubernur, bukan cawagub Khofifah.

“Kalau saya melihat Emil itu kan anak muda yang berpendidikan tinggi dan juga memiliki wawasan yang visioner. Sepertinya tidak mempan dengan tekanan-tekanan termasuk dari PDIP,” tuturnya.

Peluang Emil menarik poros baru, terbuka lebar. Sebab, sampai sekarang masih terjadi tarik ulur diantara tiga partai yang belum menentukan sikap. Yaitu, partai Gerindra, PAN dan PKS.

“Misalnya Gerindra akan mencalonkan La Nyalla Mattalitti, belum tentu. Masih terjadi tarik ulur. Gerindra tidak bisa main sendiri, karena butuh koalisi untuk dapat mengusung calon. Siapa tahu malah Emil yang dicalonkan,” katanya.

Kalau Emil bisa diusung jadi cagub, lanjutnya, maka pilkada Jatim akan lebih bergairah. Efek positifnya bisa lebih banyak untuk perkembangan demokrasi lokal Jatim. Gairah pemilih pemula akan tinggi, sehingga bisa mengurangi angka golput. Tidak stagnan dan juga potensi untuk mendorong pemilih rasional lebih besar.

“Kita punya kewajiban bersama meningkatkan kualitas demokrasi elektoral kita dengan menghadirkan banyak calon-calon alternatif visioner demi jatim yang lebih maju dan berkembang. Semakin banyak calon semakin baik, pilihan masyarakat semakin bervariasi,” jelasnya. (bmw/abi)

Leave A Comment