Pengamat: Puti Guntur, Proyek Politik Jangka Panjang PDI Perjuangan

Portaltiga.com – PDI Perjuangan menurunkan Puti Guntur Soekarno di Pilgub Jatim dinilai sebagai bagian dari proyek politik jangka panjang. Cucu Proklamator Soekarno tersebut sangat menguntungkan bagi internal partai berlambang banteng moncong putih.

Pengamat politik dari Universitas Dr Soetomo Surabaya, Budi Wiyoto mengatakan, turunnya Puti Guntur Soekarno ke Jatim untuk maju di Pilgub Jatim dikarenakan upaya dari Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, mempromosikan figur baru dari trah Soekarno.

“Lebih sebagai proyek politik mempromosikan figur baru trah politik Soekarno agar ke depan makin beragam,” kata Budi yang juga peneliti Surabaya Survey Center (SSC), Jumat (2/2/2018).

Ditambahkan, melalui kekayaan figur dari trah dinasti Bung Karno ini, PDI Perjuangan ke depan dapat berharap kian kompetitif ketika berhadapan dengan partai lain.

Lalu bagaimana dengan target di Pilgub Jatim 2018? Menurut Budi, untuk jangka pendek, peran Puti tersebut belum mencukupi untuk memegang peran kunci dalam kepengurusan PDI Perjuangan.

“Puti akan bermanfaat bagi PDI Perjuangan akan tampak untuk jangka panjang saja,” tegas dia. (wan/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION