Pengamat: Nawa Bhakti Satya Cakup Semua Domain Kebutuhan Masyarakat Jatim

Portaltiga.com – Program Nawa Bhakti Satya yang ditawarkan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak dinilai telah mampu mencakup semua domain kebutuhan masyarakat Jawa Timur. Kini tinggal upaya menerjemahkan program pro-rakyat tersebut.

“Gagasan program pro-rakyat yang sudah dibingkai ini perlu dijelaskan dengan cepat dan mudah dipahami oleh masyarakat,” kata pengamat politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Mochtar W Oetomo, Selasa (20/2/2018).

Ia menuturkan, secara umum sebenarnya Nawa Bhakti Satya sudah menyentuh semua domain kebutuhan masyarakat di Jatim. Ini langkah maju yang sudah dibuat oleh Khofifah-Emil dalam memahami kebutuhan masyarakat di Jatim.

“Tantangannya sekarang bagaimana Khofifah-Emil serta tim pemenangannya bisa mendistribusikan program ini di seluruh elemen masyarakat dengan taktis, cepat dan menyeleruh,” ujar Mochtar.

Dia melanjutkan, dengan formula serta bahasa yang mudah dipahami rakyat akan menjadi penentu utama untuk bisa diterima dengan baik. Sebab, percuma saja bila program bagus tapi tidak dipahami dan tidak sampai di masyarakat.

“Tentu saja ini strategis yang cukup jitu. Jadi bagian mereka bisa merayu dan mengambil hati rakyat agar dapat diterima dan pada gilirannya menjadi pendulang elektabilitas. Tentu dengan catatan publik mampu memahami program nawa bakti ini,” jelasnya.

Direktur Surabaya Survei Center ini menambahkan, salah satu Nawa Bhakti Satya yang cukup bisa diterima oleh masyarakat di Jatim, seperti pembangunan infrastruktur di selatan Jawa dan kepulauan.

“Pembangunan infrastruktur di sana bukan hanya sekadar perlu, tapi juga mendesak. Sudah puluhan tahun, selatan dan kepulauan tertinggal jauh dari utara dan tengah,” papar dia. (abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION

Translate »