Pengamat: Bayu Airlangga Layak Diperhitungkan di Pilwali Surabaya

Portaltiga.com – Munculnya wacana pemimpin muda potensial dalam bursa Pilwali Surabaya 2020 memang cukup menarik. Termasuk nama Bayu Airlangga, Ketua Muda Mudi Demokrat Jawa Timur.

Menurut pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Mochtar W Oetomo, fenomena ini bukan semata karena ada bonus demografi di Surabaya pada tahun 2020 yang membuat posisi pemilih milenial menjadi dominan dalam kuantitas.

“Lebih dari itu karakter Kota Surabaya sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, menuntut calon pemimpin yang dinamis, kreatif, inovatif, visioner dan futurustik yang melekat pada karakter anak muda. Ini juga sesuai dengan logika dinamika global yang makin menuntut percepatan dan terobosan konstruktif,” papar Mochtar, Minggu (9/12/2018).

Lanjut Mochtar, Bayu Airlangga disebut-sebut tentu tak lepas dari potensinya sebagai Ketua Muda Mudi Demokrat dan pengusaha muda yang sudah dikenal sepak terjangnya.

“Jadi secara politik praktis tidak akan terlalu sulit berkenaan dengan rekom dan dukungan mesin partai. Apalagi Bayu menantu Pakde Karwo, gubernur dua periode dan sekaligus Ketua DPD Demokrat Jatim. Tentu memberikan keuntungan sendiri dalam hal jaringan dan dukungan politik. Ia layak diperhitungkan,” ungkap pengamat yang juga Direktur Surabaya Survey Center (SSC) ini.

Bahkan, menurut Mochtar, Bayu Airlangga layak disejajarkan generasi muda potensial lainnya. Diantaranya Presiden Persebaya Azrul Ananda, Wabup Trenggalek Muhammad Nur Arifin dan Ketua GP Ansor Jatim Gus Abid Umar

Azrul memiliki basis di kalangan bonek dan pencinta sepakbola dan olahraga. Nur Arifin berpengalaman di pemerintahan yang memiliki basis NU dan nasionalis. Gus Abid politisi Nasdem berdarah biru Ponpes Ploso.

“Pilwali Surabaya masuh 2020. Banyak dinamika politik yang akan berpengaruh, terutama sekali adalah hasil Pilpres dan Pileg 2019,” pungkas Mochtar. (ars/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION