Penemu Bernoulli Pastikan Sumur Migas Lapindo Di Tanggulangin Tak Aman Untuk Di Bor

 

portaltiga.com: Penemu teori Bernoulli Djaja Laksana memastikan jika nantinya ada pengeboran migas di Tanggulangin Sidoarjo dilakukan oleh pihak PT Lapindo Brantas Inc tidak aman untuk dilakukan pengeboran. Alasannya lokasi dari pengeboran masih dalam bagian dari sumur Banjar Panji 1 Sidoarjo yang hingga saat ini masih mengeluarkan semburan lumpur.

Ditemui di rumahnya, Kamis (14/1) Djaja Laksana mengatakan meski ahli Geologi Indonesia menjamin keamanannya, namun dirinya memastikan tidak aman dilakukan pengeboran. ” Itu lokasi tidak aman karena ketika dilakukan pengeboran otomatis ada getara-getaran yang membuat kondisi tanah bisa subsident (atau penuruna tanah) yang nantinya akan merembet dan bisa sampai ke sumur Banjar Panji 1 di Sidoarjo,”jelasnya.

Jalan satu-satunya, kata Djaja Laksana, pihaknya berharap pemerintah menyelesaikan terlebih dahulu menyumbat semburan lumpur Sidoarjo terlebih dahulu.”Saya sudah berulang kali ke pemerintah bahwa hanya ada satu cara menyumbatnya yaitu dengan teori Bernoulli. Lalu jika sudah tersumbat baru dilakukan pengeboran dilokasi lain,”tandasnya. (Yudhie)

JOIN THE DISCUSSION