Pemprov Jatim Siapkan Rp100 M Untuk Bencana

Portaltiga.com, SURABAYA – Pemerintah Propinsi Jawa Timur menganggarkan dana sebesar Rp 100 milyar tahun ini untuk kedaruratan, termasuk salah satunya adalah bencana.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf, Senin (15/2/2016).

“Dana kedaruratan itu lebih dari 100 milyar setiap tahun untuk seluruh Jawa Timur untuk kedaruratan saja, itu dipergunakan kalau darurat,” jelas Wagub.

Wagub juga membantah jika logistik untuk bencana saat ini sudah habis. Dijelaskannya, dana sebesar itu sangat mencukupi untuk menangani dan membantu masyarakat yang mengalami bencana, khususnya banjir yang saat ini sedang melanda beberapa daerah di Jatim.

“Enggahlah, enggak. Insya Alloh gak, kita masih punya cukup banyak (dana, red),” imbuhnya.

Sementara, dana kedaruratan yang dimiliki Pemprov Jatim belum sepenuhnya digunakan, karena diharapkan musibah banjir tidak berubah status.

“Belum banyak yang kita keluarkan, paling untuk logistik aja yang kita keluarkan. Belum sampai pengobatan, menurunkan alat berat,” imbuhnya.

Tidak ada wilayah yang dinyatakan prioritas, dikatakannya jika semua wilayah menjadi prioritas khususnya yang mengalami bencana.

“Gak, mana yang dinyatakan darurat saja. Kalau ada banjir, itu yang darurat kan, ini hanya untuk biaya kedaruratan,” jelasnya.

Dari hasil pantauan sementara, hujan yang mengguyur wilayah Surabaya dan sekitarnya beberapa hari ini menggenangi sebagian kawasan seperti Porong, Sidoarjo kota, dan sebagian wilayah Surabaya.

JOIN THE DISCUSSION