Pemkot Mojokerto Buka Job Market Fair 2017

Portaltiga.com – Job Market Fair 2017 resmi dibuka oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto, Selasa (17/10/2017). Pemkot Mojokerto mengklaim jika Job Market Fair 2017 kali ini, masih diminati pencari kerja (pencaker).

Plt Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Mojokerto, Gentur Prihantono mengatakan, dari tahun ke tahun, job fair masih tetap dibutuhkan karena jika perusahaan membuka sendiri tidak bisa dapat banyak. “Kalau seperti ini, kelihatan masyarakat tahu dan anak muda yang siap kerja ada banyak pilihan,” ungkapnya.

Menurutnya, saat ini pemerintah Presiden Joko widodo (Jokowi) mengharapkan masyarakat Indonesia bisa dikatakan profesional jika memiliki serifikat trampil. Karena saat ini, tegas plt Sekdakot, tenaga kasar di Malaysia banyak yang pulang mencari sertifikat karena di Malaysia yang tidak memiliki sertifikat dibayar separuh.

“Target job fair selalu sebesar-besarnya tapi ini bagian dari salah satu alternatif karena kita sekarang kewalahan mencari tenaga kerja rumah tangga. Ini merupakan upaya pemkot untuk memberikan fasilitas kepada masyarakat mencari lowongan kerja karena industri di Kota Mojokerto tidak banyak,” katanya.

Fob fair masih dinilai efektif karena masih banyak perusahan yang ikut dan diikuti pencaker. Hal tersebut untuk mengukur berapa yang terampil karena yang profesional tidak mencari lowongan di job fair. Plt Sekdakot menegaskan, job fair bukan menurun tapi sudah mendapat pekerjaan.

Sementara itu, Kepala Dishumnaker Kota Mojokerto, Hariyanto menjelaskan, ada 40 perusahaan yang ada di Mojokerto dan di wilayah Jawa Timur yang mengikuti Job Market Fair 2017 kali ini. “Untuk lowongannya, ada 2.507 lowongan termasuk di dalamnya difabel. Ada 50 orang,” ujarnya.

Meski lowongan yang ada di Job Market Fair kali ini jumlahnya lebih sedikit dibanding yang digelar bulan April lalu yakni sebanyak 3.000, namun menurutnya jumlah tersebut justru naik. Pasalnya, pihaknya sudah mengecek data online perusahaan yang ikut dalam Job Market Fair kali ini. (bjc/tea)

About the author

Related

JOIN THE DISCUSSION