Pemkot Berencana Berikan Beasiswa Kepada Hafiz Al-Quran

Portaltiga.com – Pemkot Surabaya terus memberikan program beasiswa dalam berbagai bidang.

Kali ini, Pemkot Surabaya tidak hanya memberikan beasiswa bidang akademis, bidang agama pun juga bisa didapat. Salah satunya penghafal Al Quran. Beasiswa yang masih dalam tahap pematangan ini akan diberikan pada para pelajar penghafal Al Quran di Surabaya.

“Nantinya anak-anak yang ingin mendapatkan beasiswa tersebut, harus tes terlebih dahulu di Kemenag Surabaya untuk mendapatkan sertifikat. Nanti diberikan kepada kami, baru akan kita berikan beasiswanya,” kata Kepala Dinas Sosial Kota Surabaya Supomo, Kamis (5/10/2017).

Jumlah minimal juz Al Quran yang wajib dihafal para hafiz yakni 5 juz bagi pelajar SD, yang bisa ditingkatkan hingga 10 juz. Khusus mahasiswa 30 juz.

“Soal teknis nanti di kemenag yang lebih paham, kita tinggal siapkan beasiswanya, tapi untuk saat ini kita tinggal nunggu perwali,” tambah Supomo.

Soal besaran beasiswa yang rencananya akan diberikan kepada para hafiz Quran, Kepala Dinas Supomo mengatakan sudah menyiapkan anggaran. “Anggaran sudah ada, tinggal nunggu PAK,” ujarnya.

Sebelumnya Pemkot Kota Surabaya, melalui Dinas Sosial telah memberikan uang transportasi bagi guru ngaji se Surabaya. Bahkan rencananya pengurus takmir masjid dan musola akan mendapat BPJS Kesehatan, dengan iuran ditanggung pemkot Surabaya. (dtc/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION