Pemkab Situbondo Gelar Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana

20/12/2017
39 Views

Portaltiga.com – Memasuki musim penghujan sekaligus persiapan penanggulangan bencana alam, Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, menggelar apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam guna mengantisipasi dan meminimalisir dampak bencana.

Pemkab Situbondo berharap, dengan digelarnya apel ini akan membangun sinergitas dan solidaritas dalam penanganan bencana.

“Apel ini dilakukan selain untuk menunjukkan kesiapan kami antisipasi dampak bencana, juga bertujuan untuk membangun sinergitas dan soliditas serta mengkonsolidasikan satu pelaksana penanggulangan bencana,” kata Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, dalam dalam sambutannya saat menjadi Inspektur Upacara Apel Gelar Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam di Halam Polres Situbondo, Rabu.

Sehingga dengan kegiatan ini, lanjut dia, diharapkan satuan pelaksana penanggulangan bencana mempunyai kesamaan langkah tindak lanjut yang selalu terkoordinir dengan baik dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

Kendati bencana alam tidak dapat dicegah,katanya, akan tetapi yang lebih penting adalah bagaimana berupaya untuk dapat meminimalisir dampak yang mungkin terjadi akibat bencana alam tersebut atau yang biasa disebut dengan mitigasi bencana. Oleh karena satuan satuan pelaksana penanggulangan bencana dapat saling berbagi dan memberikan informasi kepada warga khususnya masyarakat yang berada di kawasan rawan bencana.

“Dengan demikian diharapkan masyarakat akan memahami upaya apa yang harus dilakukan apabila sewaktu- waktu terjadi bencana alam,” katanya.

Menurut Bupati Dadang, berdasarkan perkiraan cuaca dari BMKG sampai dengan akhir 2017 berpotensi adanya curah hujan tinggi disertai dengan badai petir dan potensi banjir.

Seperti di Kecamatan Jatibanteng, Kecamatan Besuki, Kecamatan Bungatan dan Kecamatan Kota Situbondo berpotensi banjir jika terjadi hujan dengan intensitas cukup tinggi.

Sedangkan titik rawan bencana tanah longsor, katanya, di Kecamatan Sumbermalang, Suboh, dan Mlandingan. Sementara khusus di Kecamatan Sumbermalang yang lokasinya berada di pegunungan berpotensi angin puting beliung.

“Menyikapi potensi bencana alam tersebut kami berharap kepada seluruh jajaran pemerintahan tingkat desa yang berada dikawasan rawan terjadinya bencana baik banjir, tanah longsor dan angin puting beliung untuk mengimbau kepada warganya supaya lebih waspada dalam mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana,” tuturnya. (ant/tea)

Leave A Comment