portaltiga.com
Intermezzo

Pelindo III Main Pecat , Karyawannya Gelar Demo

 

Portaltiga.com:Lebih dari 100 orang pekerja Pelabuhan Indonesia 3 melakukan aksi unjuk rasa di depan gedung negara Grahadi Surabaya, jalan Gubernur Suryo,Rabu (13/4).

Aksi tersebut dilakukan karena mereka terancam pemecatan sepihak.
“Kita sudah bekerja selama 5 tahun. Dua tahun lalu, kita mengikuti pelatihan untuk menjadi pegawai tetap. Ternyata setelah ikut pelatihan, kita malah di-PHK. Padahal kita semua ini bekerja di sektor-sektor vital.” kata korlap aksi, Hamid.

Adapun yang menjadi tuntutan para pendemo diantaranya mendesak PT Pelindo III menghentikan segala bentuk pemecatan dan mempekerjakan kembali serta mengangkan menjadi menjadi pekerja tetap.
“Kita berharap bahwa gubernur jatim segera memanggil dirut Pelindo untuk menyelesaikan maslah ini, termasuk mendesak DPR-RI membentuk pansus pelindo untuk mengaudit dan memeriksa manajemn Pelindo.” lanjut Hamid.

Hamid membeberkan, saat bekerja di Pelindo III, para pekerja mendapatkan beban berat dengan tingkat kesejahteraan yang buruk. Selain upah dibawah minimum, lembur para pekerja tidak dibayar.
Masih kata Hamid, status hubungan kerja awalnya harian lepas, kontrak, outsourcing hingga diberikan kesempatan menjadi melalui proses rekrutmen, namun pada akhirnya akan dilimpahkan lagi ke anak perusahaan penyalur tenaga kerja yaitu, PT Pelindo Daya Sejahtera.(Bud)