Pelindo III Lanjutkan Penggarapan Celukan Bawang

Portaltiga.com: PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Persero berencana melanjutkan pembangunan Pelabuhan Celukan Bawang, Bali setelah sebelumnya sempat dihentikan Satpol PP wilayah setempat karena mempertanyakan kejelasan Rencana Induk Pelabuhan (RIP) tersebut.
Kepala Humas Pelindo III Edi Priyanto, dalam rilisnya, Senin (28/12) mengatakan, tujuan melanjutkan pembangunan untuk mendukung pencapaian ketahanan energi di Pulau Bali yang terus berkembang.
“Karenanya, masalah tumpang tindih aturan di Kabupaten Buleleng yang tidak mendukung iklim investasi harus segera diselesaikan,” ujarnya.
Edi mengatakan, Pelindo III mempunyai komitmen kuat melanjutkan pembangunan fasilitas pelabuhan karena penting untuk menerima suplai bahan bakar di Pulau Bali.
Terkait kelengkapan izin pembangunan yang sebelumnya dipermasalah pemkab setempat, Edi mengaku sudah diperoleh sepenuhnya oleh Pelindo III.
“Izin pengembangan dermaga curah cair di Pelabuhan Celukan Bawang telah diputuskan Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dalam Keputusan Dirjen Hubla Nomor: BX-443/PP008,” kata Edi.
Sementara terkait kejelasan RIP Celukan Bawang yang dipertanyakan Pemkab Buleleng, Edi mengaku sesuai Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 414 Tahun 2013 tentang Penetapan RIP Nasional, Pelabuhan Celukan Bawang tergolong sebagai pelabuhan pengumpul yang RIP-nya diusulkan sendiri Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas V Celukan Bawang.
“Usulan RIP tersebut kemudian ditetapkan oleh Menteri Perhubungan setelah mendapat rekomendasi dari Pemerintah Daerah setempat mengenai kesesuaian tata ruang,” katanya.(Kominfo/dra)

JOIN THE DISCUSSION