PDIP Pastikan Eri Cahyadi Tidak Daftar Cawali Surabaya

Portaltiga.com – DPC PDIP Kota Surabaya mendatangi Kantor Bawaslu Surabaya Jalan Arief Rahman Hakim, Rabu (19/02/2020). Datangnya PDIP ini untuk merespon panggilan Bawaslu terkait ada tidaknya nama Kepala Bappeko Surabaya Eri Cahyadi dalam penjaringan Bacawali Surabaya.

Datangnya perwakilan DPC PDIP ini dipimpin oleh Wakil Sekretaris DPC PDIP Anas Karno dengan membawa sebuah surat balasan kepada Bawaslu bernomor 060 / EX / DPC / II /2020 tertanggal 19 Februari 2020.

Anas mengatakan, DPC PDIP memastikan Eri Cahyadi yang notabene sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak melakukan pendaftaran Bacawali melalui jalur DPC PDIP.

Hal ini karena menurutnya proses pendaftaran Bacawali di PDIP memiliki syarat sebagai salah satu kader partai yang memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA).

“Bahwasanya tidak ada ASN atau TNI/Polri yang mendaftar di tempat kita sampai saat ini,” ungkapnya saat ditemui usai menyerahkan surat balasan kepada Bawaslu, Rabu (19/02/2020).

Ketika ditanya apakah DPC PDIP mengetahui siapa yang memasang banner atau baliho yang bergambar Eri Cahyadi, dirinya mengaku tidak mengetahui siapa yang memasang banner tersebut.

“Tidak tahu siapa yang memasang, mungkin bisa juga dari masyarakat atau apa,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Surabaya Agil Akbar mengatakan, menyambut baik kedatangan DPC PDIP karena telah merespon secara cepat surat yang telah dilayangkan ke PDIP.

“Kami sudah menyurati partai politik tingkat kota Surabaya, semua partai, tidak hanya PDIP, kebetulan kok PDIP langsung diantarkan,” jelasnya.

Agil juga menyatakan bahwa Bawaslu Surabaya belum menemukan unsur dugaan pelanggaran netralitas ASN Eri Cahyadi.

“Ada beberapa Partai yang menyatakan ada ASN yang mendaftar, tapi tidak ditemukan nama yang bersangkutan pak Eri Cahyadi selaku kepala Bappeko Surabaya,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Bawaslu sebelumnya telah memanggil Eri Cahyadi untuk meminta keterangan terkait netralitas ASN Eri Cahyadi dalam Pilwali Surabaya. Hal ini sebagai langkah pencegahan mengingat adanya deklarasi dukungan terhadap Eri Cahyadi dari kader Jumantik Surabaya. (tea/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION

Translate »