portaltiga.com
Headline Umum

PD RPH Surya Siap Bantu Masyarakat Yang Ingin Berkurban

Portaltiga.com – Perusahaan Daerah Rumah Pemotongan Hewan (PD RPH) Surya Surabaya Siap untuk membantu masyarakat dalam pemotongan hewan kurban di hari raya Idul Adha 1442 hijriah.

Plt Direktur Utama PD RPH Surya Surabaya Muhammad Faiz mengatakan, pemotongan hewan kurban pada Idul Adha tahun ini secara umum masih sama seperti tahun lalu dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

“Cuma nanti agak beda mungkin dalam hal permintaan konsumen, tapi kalau aturan hampir sama. Jadi artinya ya kita buat batasan-batasan pertama teknis pemotongan itu kita buat beberapa kelompok,” jelasnya saat ditemui di Kantor PD RPH Jalan Pegirikan nomor 258 Surabaya, Senin (29/06/2021).

Faiz juga menjelaskan, bagi masyarakat yang ingin berkurban juga dapat membeli sapi yang dijual PD RPH. Di tempat ini juga menyediakan dua jenis sapi yakni sapi limosin yang diambil dari peternakan di Jombang, dan sapi madura yang diambil dari peternakan di Madura.

Kondisi hewan kurban di RPH juga dipastikan sesuai syariat, sehat, bebas dari segala penyakit, dan dilakukan pemeriksaan secara berkala.

Masyarakat pun juga dapat meminta bantuan PD RPH guna memotong hewan kurban dengan syarat mendaftarkan dahulu hewan kurban dengan mencantumkan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) yang dikeluarkan dokter hewan tempat hewan kurban berasal.

“Artinya sapi yang mau dipotong disini baik yang beli maupun yang dia (warga) bawa sapi itu awalnya harus daftar, dan kita utamakan yang daftar duluan,” katanya.

Meskipun Idul Adha masih kurang sekitar tiga minggu lagi, namun antrian hewan kurban yang akan dipotong telah mulai terlihat. Menurut jadwal, hewan kurban yang akan dipotong pada hari pertama hampir memenuhi kuota yang disediakan yakni maksimal 200 ekor perhari.

PD RPH sendiri menyediakan dua tarif paket potong yang akan diantarkan ke alamat tujuan. Pertama adalah paket potong kemas, yakni paket penyembelihan hingga dikemas ke dalam kantong dengan berat perkantong 1 atau 2 kg dengan biaya sebesar Rp. 2.500.000.

Sedang paket kedua adalah paket potong sontor yakni penyembelihan hingga memotong menjadi daging yang sudah terpisah dengan tulang yang dikenakan biaya Rp. 1.800.000. Selain itu juga terdapat jasa pemotongan kambing hingga dikemas dengan biaya RP.300 ribu. (tea/tea)

Related posts

Tinjau GBT, Wali Kota Risma Pilihkan Warna Cat Luar Stadion

admin

Pemkot Surabaya Ngeyel Tuntaskan Proyek Underpass Mayjend Sungkono Akhir Maret

admin

Jelang Pilwali, Fraksi Golkar DPRD Surabaya Minta Wali Kota Awasi APBD

admin