Partai Buruh Dukung Pemerintah Australia Bentuk Badan Antariksa Nasional

25/09/2017
21 Views

Portaltiga.com – Partai Buruh, menyepakati rencana Pemerintah Australia untuk meningkatkan industri antariksa Australia dua kali lipat dalam waktu lima tahun dengan membentuk Badan Antariksa dan Ilmu Pengetahuan Australia.

Jurubicara oposisi urusan sains dan riset Kim Carr mengatakan badan baru tersebut akan menciptakan ribuan lapangan kerja baru di Australia.

Kepada ABC dia menjelaskan bahwa industri dalam negeri memiliki keterampilan dan teknologi untuk menghasilkan uang dalam industri bernilai miliaran dolar ini, namun berisiko ketinggalan dari negara lain.

“Kita bergantung pada negara lain yang bisa memilih kepentingan nasional mereka sendiri jauh di atas kepentingan kita,” kata Senator Carr, Senin (25/9/2017).

“Kita jelas harus bisa melindungi kepentingan domestik kita, perlu membangun kemampuan industri kita dan perlu mengamankan pekerjaan masa depan untuk Australia,” katanya.

Senator Carr menyambut baik pengumuman Pemerintah ini namun mengatakan bahwa hal itu “terlambat”. Dia menyebut banyak pihak di komunitas sains yang mengatakan hal itu sudah terlambat.

Para ilmuwan terkemuka, termasuk astronot kelahiran Australia Andrew Thomas, juga menyerukan pembentukan badan antariksa nasional.

Industri antariksa tumbuh sekitar 10 persen setiap tahun sejak akhir 1990an.

Australia terlibat secara signifikan dalam kegiatan ruang angkasa secara nasional dan internasional. Namun sebuah badan khusus akan membantu pengembangan program ruang angkasa yang kohesif dan memberikan platform kolaborasi internasional yang lebih kuat. (dtc/tea)

Leave A Comment