Parade Surabaya Juang 2017, Dua Bom Meledak di Pregolan

Portaltiga.com – Dua suara ledakan menyerupai bom terdengar di kawasan Jalan Pahlawan, Ahad (5/11/2017) pagi. Ledakan itu merupakan tanda dimulainya Perang Pregolan.

Tentu saja ini bukan perang sungguhan, melainkan aksi teaterikan dalam rangka Parade Surabaya Juang 2017. Dua ledakan tadi berasal dari petasan besar. Merupakan simbol bom yang dijatuhkan tentara Inggris di Surabaya.

Suara pidato Bung Tomo yang heroik pun terdengar. Ia mengajak seluruh lapisan rakyat bergabung melawan tentara Inggris. “Allahu akbar! Allahu akbar !” suara itu menjadi spirit Arek-arek Suroboyo melawawan penjajah.

Letusan kembang api dan flare menjadikan teatrikal peperangan ini semakin menarik perhatian warga yang sejak pagi tadi berjubel di sekitar lokasi.

Setelah adedgan peperangan, para pemain teatrikal menyerahkan sebuah pesan kepada Wali Kota Tri Rismaharini agar terus menjaga Kota Surabaya. Usai menerima pesan, Risma menyerahkan bendera merah putih kepada peserta teatrikal.

Dalam kesempatan itu, Risma mengajak seluruh masyarakat Surabaya memenangkan pertempuran yang sesungguhnya, yaitu melawan kemiskinan dan kebodohan.

“Allahu akbar! Merdeka!” pekik Risma sebagai tanda Parade Surabaya Juang diberangkatkan.

Hadir juga para pejabat Forpimda seperti Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Muhammad Iqbal, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Roni Suseno, dan Danrem Baskara Jaya. Mereka menaiki mobil panser dengan pakaian khas prajurit masa kemerdekaan. (doy/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION