Paparan Visi Misi Cagub di PPP Jatim, Dinilai Hanya Kemasan

05/12/2017
68 Views

Portaltiga.com – Kali pertama dua calon gubernur Jatim yakni Saifullah Yusuf dan Khofifah Indar Parawansa memaparkan visi misi dan program jika terpilih dalam Pilgub Jatim 2018. Hal ini terjadi saat Rapimwil PPP Jatim beberapa waktu lalu.

Pengamat komunikasi politik dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Mochtar W Oetomo menilai, pemaparan tersebut belum menyentuh pada hal yang substansial. Khofifah maupun Gus Ipul masih fokus pada kemasan, sehingga ujung-ujungnya hanya akan saling sindir dan menjatuhkan.

“Kalau paparan visi misi menyentuh pada isi dan substansi maka otomatis akan bisa melibatkan masyarakat untuk ikut dalam proses politik yang bernas,” terang Mochtar W Oetomo, Senin (4/12/2017) malam.

Lebih lanjut ia memberi masukan, harusnya setelah masing-masing pasangan calon berhasil mendapatkan rekomendasi dari parpol dan sudah memenuhi persyaratan untuk maju Pilgub Jatim.

Maka pemberitaan kedua pasangan calon tidak lagi terkonsentrasi pada klaim dukungan tetapi mulai digeser ke arah pertarungan ide dan gagasan tentang bagaimana memajukan dann mensejahterakan masyarakat Jatim ke depan.

“Paparan visi misi Khofifah lebih rinci karena DPP PPP condong mendukung Mensos sebagai Cagub Jatim. Sebaliknya karena Gus Ipul tahu tak akan mendapat rekom, otomatis visi misi aslinya tak dibeber secara lugas karena ada kekhawatiran dicontoh lawan,” ungkap Mochtar.

Khusus soal jiplak-menjiplak program nasional dalam visi misi cagub, kata Mochtar, itu sah saja dilakukan karena di banyak daerah dan provinsi juga demikian. Dicontohkan, di Jakarta, Riau dan Kaltim tidak dipersoalkan program (kartu pintar dan kartu sehat) yang sudah dijalankan pemerintah pusat juga dijalankan oleh daerahnya. “Yang penting itu berpihak kepada rakyat,” pungkas Direktur Surabaya Survey Center (SSC) ini. (fat/abi)

Leave A Comment