Pamit Purnatugas, Pakde Karwo Terkenang Tutup 47 Lokalisasi di Jatim

Portaltiga.com – Senin (11/2/2019) menjadikan malam terakhir dari Pakde Karwo, sapaan untuk gubernur Soekarwo, bertugas.

Masa tugas akan berakhir di 12 Februari, Pakde Karwo berpamitan kepada semua yang hadir di malam perpisahan yang pada Rabu tepat 24.00 berakhir.

“Jadi gaji tinggal satu amplop, maka setelah ini akan diteruskan Bu Khofifah dan Mas Emil untuk membawa kereta atau kapal ini yang diidamkan masyarakat Jawa Timur,” ujar Pakde Karwo sedikit bercanda.

Pakde Karwo juga berterima kasih pada DPRD Jawa Timur yang telah membangun kultur politik secara luar biasa dengan menyusun landasan yang landai dalam pergantian pimpinan tiap 5 tahun sekali dan itu hal biasa terjadi. Apreasiasi pak Karwo terhadap hal tersebut membikin pelajaran politik lebih cerdas dan sabar untuk menghadapinya.

Dalam masa tugas selama 2 periode kemarin, pakde Karwo merasa masyarakat Jawa Timur adalah rakyat luar biasa dan sangat plural. Mulai dari suku, rasa dan pandangan politik yang berbeda tapi semua berdampingan.

Pakde Karwo merasa tak berlebihan bahwa Jawa Timur adalah Indonesia mini yang dicita-citakan kita semua. “Ini memberikan pelajaran bagi saya bahwa dari masyarakat Jawa Timur mempunyai pandangan terbuka dan menerima perbedaan dengan cara dialog dan ini menjadi kultur luar biasa” jelas Pakde Karwo merasa masyarakat Jawa Timur merupakan role model terbaik.

Ada momen-momen yang berkesan dari masa tugas 10 tahun Pakde Karwo. Ia teringat pada tahun 2010 menghapus lokalisasi. Waktu itu Pakde Karwo berkerjasama dengan ketua majelis agama membikin produk ideal-ikatan dari lokalisasi. Kerja sama itu membuat 47 lokalisasi ditutup pada 2016, terakhir Mojokerto.

“Itu pengalaman luar biasa bagi saya, pertemanan dengan berbagai kalangan itu yang membuat saya terangkat,” ujar Pakde Karwo dan sekaligus pamit.

Pakde Karwo mohon maaf jika ada kesalahan selama bertugas, perubahan waktu tidak bisa dihindari biarpun jabatan telah berakhir tapi pertemanan tetap abadi. (fey/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION