Pakde Karwo Lantik 12 Bupati Dan Wakilnya Minus Bupati Tulungagung

Portaltiga.com – Gubernur Soekarwo atau lebih dikenal Pakde Karwo melantik 12 pasangan bupati dan wakil bupati (Wabup) serta wali kota dan wakil wali kota terpilih di Pemilukada 2018. Mereka akan diambil sumpah jabatannya oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (24/9/2018).
Bersamaan juga prosesi serah terima jabatan (Sertijab) dan pelantikan 12 Ketua TP PKK Kabupaten/Kota serta Ketua Dekranasda masa bhakti 2018-2023 oleh Ketua TP PKK Prov. Jatim Nina Soekarwo.

Dua belas pasangan yang akan dilantik adalah Ponorogo, Bangkalan, Bojonegoro, Nganjuk,Pamekasan, Pasuruan, Magetan, Madiun, Lumajang, Bondowoso, Jombang, serta Malang. Tapi minus Bupati Tulungagung-Syahri Mulyo yang terkena kasus korupsi fee proyek-proyek pembangunan infrastruktur jalan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Kota kabupaten Tulungagung pada 8 Juni 2018 kemarin.

“Khusus bupati Tulungagung ini pelantikan akan dilaksanakan besok jam 14.00 Selasa besok, saya pinjam tempat di Kemendagri Jakarta. KPK tidak mau meminjamkan beliau untuk dilantik di Surabaya,” ujar Pakde Karwo di sela wawancara selesai pelantikan.

Pakde Karwo sempat bingung untuk melantik bupati Tulungagung karena tersangkut kasus korupsi. Tapi pemerintahan tidak boleh kosong, maka menurut Pakde Karwo bahwa Syahri Mulyo tetap dilantik sampai ketetapan hukum menetapkan tersangka akan dilakukan penggantian sementara PLT untuk menepati posisi bupati Tulungagung.

“Harus kontrol untuk para pejabat, laporan kekayaaan pribadi itu jadi solusi jitu dan konsisten. Pengalaman diluar negeri bisa jadi panutan, jika pejabat mau jujur melaporkan kekayaan pribadi maka kita bisa tahu dari mana ia mendapatkan itu semua. Maka saya berharap bupati dan wakilnya yang baru mau melakukan tersebut dan disertai integrasi yang kuat dalam dirinya,” pungkas Pakde Karwo memberi wejangan saat membuka acara pelantikan tersebut.

Prosesi pelantikan lainnya diawali dengan Pembacaan Surat Keputusan Mendagri oleh Kepala Biro Administrasi Pemerintahan Setda Prov. Jatim, pengambilan sumpah jabatan, penandatanganan berita acara sumpah jabatan, pemasangan tanda pangkat, tanda jabatan, penyerahan petikan surat keputusan, serta penandatanganan pakta integritas oleh masing-masing kepala daerah yang dilantik dihadapan Pakde Karwo. (fey/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION