Pakde Karwo: Gus Ipul Rawat Kedamaian dengan Wayangan

Portaltiga.com – Aksi dua dalang kondang Ki Anom Suroto dan Ki Manteb Soedharsono dalam Festival Wayang Kulit 2017 yang digelar dalam rangka HUT Pemprov Jatim dan HUT TNI ke-72 di Lapangan Markas Kodam V/Brawijaya, Selasa (17/10/2017) malam, terbilang sukses.

Lebih dari satu ribu orang, kagum melihat aksi kedua dalang itu. Beberapa kali aksi kocak Ki Anom dan Ki Manteb membuat ribuan penonton tertawa. Mereka pun tak beranjak dari kursi dan sebagian lagi duduk lesehan di lapangan.

“Malam ini sangat istimewa. Yang melihat banyak yang di atas 18 tahun Gus (sapaan akrab Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf). Mereka ini sudah memiliki hak pilih di pilgub,” kata Gubernur Jatim Soekarwo disambut riuh tepuk tangan ribuan penonton.

Menurutnya, pergelaran wayang yang diinisiasi oleh Gus Ipul ini merupakan cara yang cukup jitu dalam merawat kedamaian di tengah masyarakat. Khususnya menjelang proses Pilgub Jatim 2018 mendatang.

“Jatim jelang pilgub tenang, karena upaya Gus Ipul merawat dengan wayangan. Pergelaran wayang bisa membasuh kekotoran politik. Budaya bisa membersihkan sifat kesombongan seseorang,” ujar Pakde Karwo.

Pergelaran wayang semalam suntuk ini, mengambil lakon Babat Wonomarto. Diawali dengan aksi kocak Kartolo CS yang kemudian dilanjutkan dengan penyerahan gunungan oleh Pakde Karwo kepada dua dalang.

Gus Ipul, Penglima Kodam V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI Kustanto Widiatmoko, Kapolda Jatim Irjen Machfud Arifin, Pangarmatim Laksamana Muda TNI Darwanto, Ketua DPRD Jatim Abdul Halim Iskandar, serta ribuan warga dengan antusias menonton langsung pagelaran ini.

“Pergelaran ini bagian dari keliling wayang nusantara yang sudah digelar sejak tahun 2016. Rencannya 24 kali. Di lapangan Makodam V/Brawijaya ini sudah yang ke-11 kalinya,” kata Gus Ipul.

Pergelaran kali ini, dinilai sangat istimewa karena untuk memeriahkan HUT Pemprov Jatim yang ke-72 sekaligus HUT TNI yang ke-72. “Luar biasa animo masyarakatnya. Coba lihat ribuan orang datang kesini untuk melihat pergelaran wayang kulit,” tuturnya. (bmw/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION