portaltiga.com
Headline Umum

Padat Acara Bulan Juli, Disbudpar Jatim Siap Gelar Even Berskala Internasional

Portaltiga.com – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur Juli 2018 akan menggelar sejumlah agenda event yang akan digelar mulai awal sampai akhir dan ada beberapa event andalan yang berskala international. Salah satu evennya adalah Paragliding dan Festival Kesenian Indonesia.

“Event Paragliding di Batu dan Festival Kesenian Indonesia di STKW Surabaya,” ujar Slamet Ariwibowo, Humas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur saat ditemui di kantornya Jl. Wisata Menanggal, Rabu (5/7/2018).

Event PGAWC (Paragliding Accuracy World Cup) akan digelarkan 12-15 Juli 2018 ini di Gunung Banyak Batu. Paragliding jadi destinasi favorit bagi para wisatawan dalam dan luar negeri, khususnya Batu-Malang. Menurut Slamet, PGAWC ini daya tarik tinggi untuk promosi mengenalkan kawasan wisata seperti Batu ke kancah International. Dan termasuk event yang ditunggu para peserta dan penggemar olahraga extrem lokal dan turis mancanegara.

Sedangkan event Festival Kesenian Indonesia 2018 sudah edisi ke-10 kali ini. Sejatinya acara ini digelar 7-9 Juli 2018 di STKW Surabaya tapi akan dibuka dengan sendratari kolosal di Taman Candra Wilwatikta-Pasuruan pada 7 Juli 2018.

“Ini pembukaan yang meriah karena mengusung tema Malangan dan Meduran dalam pementasan tarinya,” tambah Slamet kembali.

Selain itu event pariwisata di Jawa Timur banyak digelar ada Bondowoso Night Culture Carnaval, Festival Batik Indonesia di Sumenep atau Banyuwangi Ethno Carnival untuk bulan Juli 2018. Slamet sendiri berharap tahun 2018 semua event yang digelar aman dan terkendali biarpun banyak isu-isu teroris yang mengganggu ketertiban dan keamanan kemarin.

Pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur selama support kepada dinas tiap kota mulai dari promosi di media cetak dan bantuan kesediaan barang yang dibutuhkan. Sedangkan pendanaan diserahkan pada APBD masing-masing daerah. (fey/tea)