Operasi Semeru Digelar Di Raya Darmo Dan Diponegoro Surabaya

Portaltiga.com – Operasi Keselamatan Semeru digelar jajaran Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jatim. Operasi kali ini dilaksanakan di simpang trafic light Jl. Raya Darmo dan Jl. Raya Diponegoro, Surabaya, Senin (5/3/2018).

Kombes Pol Heri Wahono Dirlantas Polda Jatim mengatakan, kegiatan ini adalah bagian dari kampanye keselamatan berlalu lintas. Pihaknya mengingatkan kepada masyarakat, khususnya masyarakat pengguna jalan, untuk lebih berhati hati, tertib dan lebih berdisiplin dalam berlalu lintas.

Kombes Heri mengatakan, kampanye ini sekaligus sebagai penanda bahwa Operasi Keselamatan yang dahulu memiliki nama sandi Operasi Simpatik, telah dimulai per hari ini Senin 5 Maret 2018 sampai dengan 26 Maret 2018.

Adapun untuk target ataupun sasaran Operasi Keselamatan ini adalah target orang, target benda, target tempat dan target kegiatan. Untuk target orang, yakni masyarakat pengguna jalan, baik roda dua atau roda empat.

“Bagi yang melakukan pelanggaran khususnya pelanggaran yang berpotensi menimbulkan kecelakaan, akan ditindak dengan tilang. Diluar itu, atau yang tidak menimbulkan kecelakaan cukup diberikan teguran,” katanya.

Kombes Heri mengatakan, cara bertindak kepolisian dalam operasi ini lebih mengedepankan kegiatan kegiatan preentif maupun preventif, atau pencegahan, seperti kegiatan kampanye hari ini. Selain itu, pihaknya juga melakukan kegiatan pendidikan dan rekayasa lalu lintas, kemudian melakukan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat pengguna jalan.

“Kemudian untuk penegakan hukum yang sifatnya represif itu adalah jalan terakhir, khusus untuk pelanggaran pelanggaran yang berpotensi menimbulkan kecelakaan,” katanya.

Kombes Heri mengatakan, indikator keberhasilan Operasi Keselamatan Semeru 2018 ini adalah meningkatnya kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas di wilayah hukum Polda Jawa Timur. (ssn/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION