Nokia: Sistem Android Gampang Diincar Malware

17/11/2017
42 Views

Portaltiga.com – Threat Intellegence Report yang dirilis oleh Nokia mengemukakan bahwa Android menempati peringkat teratas sebagai sistem operasi paling diincar malware, dengan presentase sebesar 68,5%.

Sementara di posisi kedua ada Windows versi PC. Sistem operasi besutan Microsoft ini menjejaki persentase di angka 27,96%. Sedangkan sisanya yang 3,54% diisi oleh Mac, Linux, UNIX, dan lain-lain.

Alasan Android yang jadi lahan favorit incaran malware tak lepas dari gampangnya melakukan instalasi di OS garapan Google ini. Pengguna yang mendapat file APK instalasi dari luar Play Store bisa dengan mudah menginstalnya di perangkat miliknya.

Inilah yang lantas bikin Android mudah bisa disusupi malware. Karena melakukan instalasi aplikasi dari sumber yang tidak terverifikasi.

“Alasan utama mengapa platform Android ditargetkan, adalah kenyataan bahwa aplikasi Android dapat di-download dari mana saja. Terlepas dari upaya Google yang sangat sukses untuk memastikan bahwa Play Store bebas dari malware, pengguna Android dapat terus memasang aplikasi dengan mengklik link di pesan teks atau e-mail,” kata Nokia, seperti dikutip detikINET dari Ubergizmo, Jumat (17/11/2017).

“Selain itu di banyak negara, pasar aplikasi pihak ketiga juga merupakan hal yang biasa,” imbuhnya.

Laporan Nokia juga mengungkap kalau pengguna email Google paling banyak diperdaya melalui phising. Tapi untuk kasus ini sejatinya kembali ke pengguna yang seharusnya bisa menjaga diri dari email berisi tawaran menggiurkan, namun punya tujuan jahat. (dtc/tea)

Leave A Comment