Headline News

Museum Kematian, Tempat Unik Untuk Mengenal Kematian

09/11/2017
38 Views

Portaltiga.com – Apabila kita berbicara tentang kematian tentu pikiran kita sedikit banyak akan merasa takut atau mampu membuat bulu kuduk berdiri.

Namun, Universitas Airlangga memiliki cara yang unik dalam menyajikan kematian melalui Museum Kematian milik Kajian Etnografi Universitas Airlangga.

Tim Portaltiga.com akan mencoba mengajak anda untuk mengenal lebih dekat tentang museum ini.

Terletak di Jl. Dharmawangsa Dalam, komplek Kampus B universitas Airlangga Museum Kematian dibuka kembali pada tanggal 21 Maret 2016 oleh Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Hilmar Farid.

Seperti namanya, Museum Kemtian mengangkat konsep kematian karena merupakan siklus hidup yang cukup dekat dengan manusia dan merupakan hal yang selalu dipikirkan manusia.

“Museum ini mengangkat konsep kematian karena kematian merupakan siklus hidup yang cukup dekat dengan manusia. Walaupun di masyarakat kematian cukup ditakuti dan jarang dibicarakan, kematian merupakan hal yang paling penting dipikirkan oleh manusia,” ujar Kepala Museum dan Pusat Kajian Etnografi FISIP UNAIR, Toetik Koesbardiati, Ph.D.

Museum yang buka hari Senin sampai Jumat, pukul 09.00 – 15.00 ini menyajikan segala model pemakaman nusantara, kisah kematian dari berbagai dunia, dan berbagai ritual yang berkaitan tengan kematian. Ada hal yang menarik disini, anda bisa melihat diorama yang diatur sedemikian rupa dibalut oleh back sound untuk semakin menambah suasana kematian yang semakin kental.

penasaran??? langsung saja kunjungi tempat ini. Gratis!! (doy/tea)

Leave A Comment