portaltiga.com
Headline Politika

Musdalub Tidar, Best Practice Anak Muda Berpolitik

Portaltiga.com – Tunas Indonesia Raya (Tidar) sebagai organisasi sayap Partai Gerindra punya tantangan berat untuk meyakinkan generasi milenial dan generasi Z berpartisipasi aktif dalam politik.

Ketua DPD Gerindra Jati Anwar Sadad menyatakan, beberapa survei menyebutkan hanya 22 persen anak muda yang tertarik pada politik. Akan tetapi, meskipun ada 78 persen anak muda tidak tertarik pada politik, bukan berarti mereka apolitis.

“Nyatanya anak-anak muda justru memainkan peran yang efektif dalam aksi-aksi sosial,” kata Sadad dalam siaran pers, Sabtu (6/11/2021).

Anak-anak muda juga menjadi penggerak dalam memainkan isu anti korupsi dan isu lingkungan. Keduanya merupakan isu yang erat kaitannya dengan policymaking (pembuatan kebijakan).

“Oleh karena itu saya berharap Tidar menjadi best practice keterlibatan anak muda generasi milenial dan generasi Z berkiprah di politik,” ujar Anwar Sadad.

Partai Gerindra menurut Sadad, memberikan ruang yang besar bagi anak muda bukan hanya di organisasi sayap. Bahkan dalam struktur DPD banyak dari kalangan milenial diberi kepercayaan.

Baca Juga: Napak Tilas Resolusi Jihad, Kader Gerindra Ziarah Makam Hasyim Asy’ari

Peran anak muda dalam sejarah kebangsaan tak diragukan lagi. Ketika republik ini baru berdiri, posisi penting di pemerintahan sudah dipercayakan kepada anak muda.

Ia mencontohkan, Jaksa Agung pertama Mr. Kasman Singodimedjo diangkat pertama kali di usia 38 tahun. Bahkan Adam Malik menjadi Wakil Ketua KNIP (Komite Nasional Indonesia Pusat), cikal bakal DPR RI, ketika berusia 28 tahun.

Karena itu, sambung Sadad, keterlibatan anak muda di politik hari-hari ini dimaknai sebagai merebut kembali peran yang sudah dimainkan sejak lama.

Kegiatan Musdalub Tidar Jawa Timur berlangsung tanggal 6 hingga 7 November 2021, di Hotel Mahapahit. Kegiatan juga diisi dengan Pelatihan Tunas I dan Pelatihan Tunas II, sebagai bagian dari jenjang pengkaderan internal.

Tidar adalah organisasi sayap Partai Gerindra untuk menjaring segmen anak muda. Saat ini pimpinan pusat Tidar diketuai oleh Aryo Djojohadikusumo. (abd/abi)

Related posts

Gerindra Se-Jatim Gelar Tahilan 40 Hari Almarhum Soepriyatno

admin

Tekan Sebaran Corona, Bojonegoro Layak Dicontoh

admin

Target Menang Pilkada di Jatim IX, Gerindra Jatim Gelar Pelatihan Politik

admin