Muncul Buaya di Teluk Penyu Cilacap, Nelayan Resah

Portaltiga.com – Sejak beberapa waktu terakhir sejumlah nelayan di perairan Cilacap, Jawa Tengah resah. Pasalnya muncul buaya di muara Teluk Penyu. Padahal sebelumnya hal ini tidak pernah terjadi.

Ketua Masyarakat Mitra Polisi Kehutanan (MMP) Cilacap Tarmuji, mengatakan buaya mulai muncul di muara yang berdekatan dengan Pulau Nusakambangan dan perkampungan warga tersebut kurang lebih sejak sebulan terakhir.

“Ini sudah cukup lama sebulan ke belakang, kami dengar informasi dari para nelayan ada satu ekor buaya. Nelayan merasa resah dan tidak nyaman beraktifitas di Segara Anakan dan muara Teluk Penyu,” kata Tarmuji saat dihubungi, Selasa (14/5/2019).

Kemunculan buaya, kata Tarmuji, juga sempat terekam oleh masyarakat. Video tersebut telah beredar luas di masyarakat.

Tarmuji mengatakan sebagian besar nelayan yang berdekatan dengan lokasi kemunculan buaya memilih tidak melaut. Sedangkan nelayan yang agak jauh dari lokasi tersebut, tetap melaut seperti biasa.

“Khususnya nelayan Bengawan Donan, Sentolo Kawat, dan Pandanarang yang berdekatan dengan kemunculan buaya resah dan tidak nyaman. Nelayan yang agak berjauhan melaut, kalau yang berdekatan sangat sedikit yang melaut, lagian cuaca tidak baik,” ujar Tarmuji.

Tarmuji mengatakan sepanjang pengetahuannya, baru kali ini muncul buaya di kawasan tersebut. Di kawasan tersebut biasanya banyak bermunculan biawak. “Sejak kecil di sini belum pernah dengar ada buaya di muara Teluk Penyu. Yang jelas nelayan sangat khawatir, para nelayan berharap agar bisa dialihkan, ditangkap atau dipindahkan,” kata Tarmuji. (kc/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION