Mudik Lebaran, PELINDO III Siapkan 126 Trip Mudik Gratis

13/06/2017
143 Views

Portaltiga.com-Menjelang musim mudik lebaran tahun 2017, PT Pelindo III memberikan kesempatan kepada masyarakat yang menggunakan moda transportasi kapal laut dengan gratis menuju kampung halamannya. Mudik Gratis tahun ini kembali diselenggarakan setelah tahun-tahun sebelumnya sukses dengan kegiatan serupa.

VP Corporate Communication PT Pelindo III, Widyas Wendra mengatakan, sedikitnya enam ribu penumpang kapal laut dari Pulau Kalimantan yang berangkat dari Pelabuhan Kumai, Sampit, Pontianak, dan Balikpapan serta Makassar denga tujua akhir Pelabuhan Tanjung Perat Surabaya dan Tanjung Emas akan diantar langsung oleh Pelindo III, menuju beberapa kota tujuan di Pulau Jawa.

“lebaran tahun ini Pelindo III akan menyediakan bus gratis di dua lokasi pelabuhan yaitu, Pelabuhan Tanjung Perak, dan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.”ujarnya kepada wartawan di sela acara Buka Bersama Pelindo III di Surabaya, Selasa (13/06/17).

Ia menjelaskan, bus gratis yang kami siapkan sudah tersedia selama tujh hari berturut-turut sejak H-10 hingga H-2 sebelum lebaran, atau mulai tanggal 15 Juni hingga 23 Juni 2017. Pelindo III juga menyediakan dua unit garbarata di Tanjung Perak untuk memudahkan penumpang yang sakit, dengan fasilitas yang disiapkan juga meliputi posko kesehatan yang siaga oleh tenaga medis dari RS Pelindo Husada Citra (PHC).

Lebih lanjut Widyas mengatakan, mudik gratis tahun ini dengan tema ‘Yuk Pulang Kampung Bareng Pelindo III’ akan melakukan perjalanan sebanyak 126 trip diantaranya, ada enam rute dari Tanjung Perak Surabaya ke berbagai kota di wilayah Jawa Timur seperti, Pasuruan-Probolinggo-Lumajang-Jember sebanyak 21 trip, Mojokerto-Jombang-Nganjuk-Madiun sebanyak 21 trip, Kediri-Tulungagung, Trenggalek sebanyak 14 trip, Lamongan-Bojonegoro-Cepu sebanyak 14 trip. Sementara Surabaya-Pare-Blitar sebanyak 7 trip.

“Dengan estimasi peserta mudik gratis yang diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Perak adalah sebanyak 3.696 penumpang.”terangnya.

Selanjutnya, tambah Widyas, untuk rute dari Tanjung Emas Semarang juga akan melayani enam rute menuju kota di Provinsi Jawa Tengah antara lain, Solo-Yogyakarta sebanyak 14 trip, Demak-Kudus-Pati sebanyak 7 trip, Temanggung-Parakan-Wonosobo sebanyak 14 trip, Magelang-Jogja-Purworejo sebanyak 7 trip dan wilayah lainnya di Jateng dengan estimasi peserta mudik gratis sebanyak 2.352 penumpang.

“Sehingga diperkirakan total jumlah penumpang yang dibiayai oleh Pelindo III dalam mudik gratis tahun ini sejumlah kurang lebih 6.048 penumpang.”kata Widyas.

Dijelaskan oleh Widyas, untuk menjadi peserta mudik gratis Pelindo III, pemudik dapat mendaftarkan diri secara langsung di pelabuhan kedatangan pada loket pelayanan mudik gratis dengan menunjukan tiket kapal dan bukti identitas diri.

“Seluruh peserta mudik gratis Pelindo III dilindungi asuransi yang ditanggung sepenuhnya oleh Pelindo III, dan calon penumpang mudik gratis tersebut akan mendapatkan berbagai fasilitas seperti snack, dan fasilitas bus AC.”ungkapnya. (Trish)

Leave A Comment