Mudik Lebaran Lewat Tol Dapat Diskon 10 Persen, Catat Tanggalnya

Portaltiga.com – PT Jasa Marga (Persero) Tbk bersama seluruh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) akan memberikan diskon tarif tol bagi pemudik pada arus mudik dan balik pada lebaran tahun ini. Pihak Jasa Marga telah sepakat memberikan diskon sebesar 10 persen yang akan diberlakukan mulai H-2 hingga H+2.

Direktur Operasi II Jasa Marga Subakti Syukur menjelaskan, alasan diskon diberlakukan pada H-2 hingga H+2 Lebaran ini supaya kendaraan yang melalui jalan tol bisa lebih tersebar dan tidak menumpuk di satu hari.

“Hari ini sedang dibahas untuk disosialisasikan diskon tarif tol. Khususnya di ruas yang kami kelola, diskonnya 10 persen dan waktunya itu di H-2 hingga H+2, jadi empat hari,” kata  di Gerbang Tol Cikarang Utama, Kamis (31/5/2018).

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini memperkirakan puncak arus mudik yang melalui jalan tol akan terjadi pada 9 Juni 2018. Sedangkan arus baliknya diperkirakan akan terjadi dua puncak arus balik, yaitu tanggal 20 Juni dan 24 Juni 2018.

“Diskon ini harapannya bisa lebih menarik pengendara untuk melalui jalan tol di hari saat diskon, jadi tersebar,” Subakti menambahkan.

Sebelumnya, PT Jasa Marga(Persero) Tbk mulai menyiapkan berbagai upaya untuk persiapan arus mudik Lebaran 2018. Salah satu yang menjadi titik antisipasi adalah Gerbang Tol Cikarang Utama (Cikarut) dengan menggunakan mobile reader.

Di Gerbang Tol Cikarut, diperkirakan Jasa Marga akan menjadi titik pertemuan antara kendaraan pemudik, baik yang ingin melintas jalur Selatan Jawa, jalur Utara Jawa, dan arus lalu lintas sekitar mengingat kawasan Cikarang adalah daerah industri.

Untuk itu, inovasi terbaru dari Jasa Marga untuk mengatasi kemacetan di Gerbang Tol Cikarut yang bakal diterapkan pada arus mudik Lebaran 2018 adalah penggunaan mobile reader.

“Jadi dengan mobile reader ini nantinya petugas kami akan jemput bola dengan membawa alatnya, jadi pengguna bisa langsung tap uang elektroniknya, maka akan lebih cepat,” kata GM Jakarta-Cikampek Raddy R Lukman di Gerbang Tol Cikarut, Rabu (11/4/2018).

Untuk di Cikarang, Raddy mengaku telah menyiapkan 10 unit moblie reader, di mana tujuh unit akan ditempatkan di Cikarang Utama dan tiga unit ditempatkan di Cikarang Barat 1.

Mobile reader ini merupakan produk karya anak bangsa yang diproduksi oleh anak usaha Jasa Marga, yaitu PT Jasa Marga Tollroad Operator. Ini menjadi inovasi terbaru mengingat tahun lalu sistem jemput bola ini hanya untuk melayani top up uang elektronik. (lnc/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION