portaltiga.com
Umum

Model Prosesi Pelantikan Kepala Daerah di Jatim Akan Diadopsi Pemerintah

pelantikan kepala daerah di Jatim hasil pilkada serentak oleh Gubernur Jatim Soekarwo

portaltiga.com: Pemerintah Pusat akan mengadopsi model prosesi pelantikan Kepala Daerah di Jatim. Model pelantikan tersebut telah membuat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dan Menteri Sekretaris Kabinet (Menseskab) Pramono Anung sangat terkesan.

“Pak Tjahjo Kumolo dan Pramono mengapresiasi model prosesi pelantikan Bupati/Walikota di Grahadi kemarin. Sehingga, bisa dijadikan contoh bagi pemerinrah,” kata Gubernur Jatim Soekarwo, Kamis (18/2).

Seperti diketahui, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dan Menteri Sekretaris Kabinet (Menseskab) Pramono Anung turut menghadiri acara pelantikan Kepala Daerah di Jatim, Rabu (17/2), Keduanya sangat terkesan dengan model prosesi pelantikan tersebut.

Kehadiran Mendagri dan Menseskab menyaksikan pelantikan Bupati/Wali Kota di Jatim memang terasa istimewa. Karena dari pelantikan serentak di seluruh wilayah di Indonesia, keduanya ternyata memilih hadir di Jatim.

“Sangat bagus, tertib, dan patut ditiru untuk diterapkan pada pelantikan kepala daerah di wilayah lain,” ucap Soekarwo menirukan ucapan Mendagri.

Mendengar itu, Gubernur yang akrab dipanggil Pakde Karwo itu, mengaku langsung menyatakan siap.”Siap Pak Mendagri. Kami (Protokol Pemprov Jatim) nanti siap membantu dan berdiskusi dengan teman-teman di pusat,” ujarnya.

Mendagri Tjahjo Kumolo mengaku, dirinya memilih hadir di Jatim, karena Pakde Karwo merupakan Gubernur senior di Indonesia. Selain itu, 17 bupati/wali kota yang dilantik merupakan yang terbanyak di Indonesia, dibandingkan provinsi lain. “Makanya kita memilih datang kesini (Jatim),” tegas mantan Sekjen DPP PDIP ini. (Bmw)