Mobil Listik Buatan ITS Akan Dijajal Presiden Jokowi

Portaltiga.com – Mobil listrik buatan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) bernama Ezzy akan dijajal kemampuannya oleh Presiden Joko WIdodo saat Meresmikan Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo), Selasa (19/12/2017).

Menurut Muhammad Nur Yuniarto, Dosen Teknik Mesin ITS dan juga Direktur Pusat Unggulan Iptek bidang Sistem Kontrol Otomotif ITS, menjelaskan mobil ini dilengkapi baterai 20 kWh dengan jarak tempuh maksimal 130 kilometer (km) untuk sekali charge.

Adapun lama waktu charge sampai baterai penuh memakan waktu 10 jam. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, sempat menjajal mobil listrik yang kecepatannya bisa mencapai 100 km/jam itu.

“Tadi waktu dijajal bareng Pak Menteri kecepatannya 60 km/jam. Ezzy ini sebenarnya generasi II, jauh lebih baik dari generasi I, kita sudah kembangkan sejak 2012 dan sekarang masih penyempurnaan,” terang Yuniarto kepada detikFinance, di gerbang tol Waru Gunung, Surabaya, Jawa Timur.

Yuniarto menambahkan, Ezzy diproduksi dalam dua warna yaitu merah dan puti, serta sudah diuji coba. Selain Ezzy, menurut Yuniarto, ITS juga menghadirkan bus listrik dan motor listrik saat peresmian Tol Sumo.

“Selain mobil listrik ini kita juga akan tunjukkan ke Pak Jokowi ada bus listrik dan motor listrik,” tutur Yuniarto. (dtc/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION