Mobil Amphibi Siap Antisipasi Banjir Kali Lamong

Portaltiga.com – Sesuai prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk antisipasi banjir dari cuaca yang ekstrim pada musim penghujan, sebuah mobil amphibi mulai di siagakan Pemkab Gresik melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten (BPBD) Gresik.

Mobil amphibi yang memiliki tenaga 2600 cc dan didesain untuk bergerak di daerah banjir meskipun kedalaman air 1,2 meter serta melaju di area berlumpur itu di siagakan di kawasan yang rawan bencana banjir.

Mobil bernopol W 8286 BP warna oranye itu juga dapat digunakan untuk mengevakuasi korban sampai 9 orang, dilengkapi dengan berbagai sarana, diantaranya APAR, alat selam, pelampung dan gergaji mesin.

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto mengatakan sebuah mobil amphibi dan sejumlah sarana prasarana untuk antisipasi banjir sudah diberangkatkan ke wilayah rawan banjir salah satunya ke Kecamatan Benjeng.

“Saya perintahkan kepada BPBD Gresik untuk mengirimkan sarana prasarananya, termasuk mobil amphibi itu untuk disiagakan di daerah rawan bencana banjir. Bila terjadi banjir dapat segera memberikan bantuan optimal ke masyarakat,” jelas Sambari, Sabtu (4/1/2020).

Tidak hanya itu, lanjut Sambari pihaknya juga mendirikan Posko Banjir didusun Ngablak Desa Kedungrukem yang dua hari lalu terdampak banjir luapan kali Lamong yang paling parah. Posko ini untuk mengantisipasi dan memberi bantuan kepada warga desa.

“Kita sudah dirikan posko banjir di dusun Ngablak dan desa lainnya yang terdampak banjir agar bisa cepat membantu masyarakat,” ujarnya di posko banjir Dusun Ngablak.

Seperti diberitakan, ada tujuh desa di Kecamatan Benjeng yang terdampak banjir luapan Kali Lamong tiga hari lalu. Dusun Ngablak Desa Kedungrukem merupakan wilayah terdampak banjir yang cukup parah selain desa Sedapur klagen. Akibatnya, puluhan hektar sawah dan ratusan rumah yang terendam air Kali Lamong. (tbk/abi)

Foto: Sebuah mobil amphibi di siagakan untuk daerah rawan banjir luapan kali Lamong Gresik.

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION

Translate »