Mewarnai dan Pentingnya Perkembangan Anak Usia Dini

Portaltiga.com – Mewarnai masih menjadi idola anak-anak disekitar TBM yang dikelolah  Deny Gita Bagus Rahadi. Hal inilah yang mendasari Deny untuk memasuki dunia anak-anak lewat lomba mewarnai. Menurutnya mewarnai adalah pintu awal anak-anak melihat dunia. Ia menambahkan bahwa dunia anak-anak sangat imajinatif, mewarnai adalah cara yang tepat untuk menyalurkan imajinasi tersebut.

Bermodal sedikit nekat bos Deny (panggilan kawan-kawan TBM untuk Deny Gita Bagus. Red) memberanikan diri meminjam ruang pelayanan Kelurahan Gundih untuk mengadakan lomba tersebut. Gayung bersambut ide tersebut diperbolehkan dan sedianya dilaksanakan pada Selasa (06/03/18).

Diluar dugaan, lomba yang awalnya ingin dihelat sederhana ini membludak. Lomba dihadiri sekitar tiga puluhan anak paud dan puluhan anak-anak sekitar TBM (Taman Baca Masyarakat). Alhasil ruang pelayanan Kelurahan Gundih penuh sesak. Warga dan beberapa PNS yang biasanya sibuk mengurus surat-surat dan keperluan lain kali ini terlihat ikut menikmati aksi adik-adik menorehkan crayon pada kertas. Beberapa ikut mengomentari hasil mewarnai yang baru setengah jadi, beberapa hanya senyum-senyum sendiri. Ada juga yang ikut sibuk mengambil gambar.

“Acara kayak gini kan jarang mas ada dikelurahan. biasanya kan cuma di TK dan taman-taman Surabaya (Taman Bungkul dan Taman Prestasi. Red). Lumayan mas ini hiburan biar gak serius terus PNS disini” kata salah satu PNS yang tidak mau disebut namanya.

Lomba mewarnai ini mengambil tema “Taman Imajinasi”. Hal ini kata Deni adalah refleksi atas kota Surabaya yang memiliki banyak sekali taman sekaligus untuk mewadahi daya kreatifitas anak-anak usia lima hingga sepuluh tahun. Ia berpendapat bahwa dengan mengetahui seberapa kreatif anak-anak tersebut. Kita yang telah dewasa bisa mengetahui apa bakat yang dimiliki anak itu. Sehingga kita bisa lebih mudah mengarahkan kepada minat yang mereka inginkan. Ia juga berpesan pada seluruh orang tua yang mendampingi anak-anak mereka bahwa yang terpenting dalam perkembangan anak usia dini adalah minat dan bakat anak tersebut dan bukan keinginan para orang tua.

“Anak yang pertama bu, pak. Karena bagaimanapun kita mengarahkan anak kita, kalau anak tersebut tidak suka hasilnya tidak akan maksimal. Namun jika anak itu suka dan melakukan hal itu tanpa tekanan insya allah pasti akan membuahkan hasil ketika dia besar.” Tutupnya. (doy/tea)

JOIN THE DISCUSSION