Meriahkan Hari Batik, Ayola La Lisa lngin Lebih Mengenal Batik Teyeng Surabaya

Portaltiga.com – Batik menjadi salah satu kebanggaan Indonesia karena ditetapkan sebagal warisan budaya bangsa oleh UNESCO sejak 2009 Sebagai peringatan Hari Batik Nasional yang Jatuh pada tanggal 2 Oktober. Ayola La Lisa Surabaya mengajak masyarakat untuk lebih mengenal Batik Teyeng Surabaya. Bertempat di Oasis Coffe Corner Ayola La Lisa Surabaya berbagai rangkaian acara sudah dilaksanakan, seperti talkshow dan workshop Batik Teyeng serta fashion show busana batik oleh beberapa rancangan designer terkenal, Sabtu (29/9/2018).

Batik Teyeng Surabaya tercipta dari inovasi Firman Asyhari sejak tahun 2013 hingga sekarang Terinspirasi dari bekas noda karat pada kawat Jemuran pada pakaian yang susah hilang, batik teyeng mampu bersaing dengan produk batik Iainnya.

“Biasanya membutuhkan waktu dua hari untuk membuat motif teyeng pada kain Singkatnya, proses dalam membuat batik teyeng menggunakan besi teyeng yang selalu basah atau diganti dengan butiran besi limbah bubut,” ujar Firman Asyhari, founder Batik Teyeng Surabaya Karena keunikan dalam teknik membuatnya inilah yang menghasilkan suatu produk dengan kualitas nilai Jual tinggi.

Di tambahkan oleh Firman, batik teyeng ini di jamin tidak mengakibatkan iritasi pada kulit kepada si pemakai, jadi 100% aman.

“Agar masyarakat luas tahu bahwa Jenis batik tidak hanya batik tulis, batik cap. atau batuk printing, tetapi ada Juga yang namanya Batik Teyeng dan Surabaya. Sebenarnya produk-produk dari UMKM kualitasnya juga tidak kalah dibandingkan dengan produk dari gerai batuk yang sudah terkenal. Untuk itu bekerja sama dengan UMKM kaml berharap agar produk-produk yang mereka hasilkan bisa lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas,” Jelas Weni Kristanti selaku General Manager Ayola La Lisa Surabaya

Batik memang banyak dilirik oleh berbagai pihak untuk dimanfaatkan sebagai peluang usaha yang cukup menjanjikan Karena seperti yang kita tahu bahwa sekarang banyak sekali Jenis motif batik yang berbeda-beda dari setiap daerahnya Contohnya sepertu motif Sekar Jagad yang berasal dari Yogyakarta, Jawa Tengah, motif Sidomukti yang berasal dari Kabupaten Magetan, batuk Sogan yang merupakan ciri khas batik Solo, dan masih banyak lagi ragam macamnya.

Antusiasme yang tinggi dan Ayola La Lisa Surabaya dan UMKM Surabaya dalam mengadakan kegiatan memperingati Hari Batik Nasional semoga mendorong kepedulian generasi muda ataupun berbagai kalangan masyarakat untuk berperan serta dalam melestarikan budaya bangsa.

Hal yang serupa di jelaskan oleh Mekan Damayanti ketua E-UKM (Ecommerse – UKM) Surabaya beliau sering mengadakan Pameran di berbagai tempat di Indonesia bahkan ke Luar Negeri untuk memperkenalkan produk dalam negeri khususnya produk UKM.

E-UKM juga memiliki Gallery di beberapa Hotel ternama Surabaya beberapa diantaranya adalah Ayola La Lisa, Hotel Bumi Surabaya dan Rich Palace.

Mekan Damayanti menggandeng
8 UMKM kelompok produksi seperti Tas , sepatu, accesoris, batik dan tekstil modifikasi , home dekorasi, aroma terapi, dan sabun natural dan olahan makanan dan minuman.

Acara semakin meriah saat pengunjung di hibur oleh model model cantik dalam acara fashion show. (rgo/tea)

JOIN THE DISCUSSION